Pembangunan Sudah 60%, Ini Penampakan Masjid Agung Karanganyar

Batas waktu pengerjaan Masjid Agung Karanganyar masih mengacu pada kontrak yaitu 23 Desember 2021.
Pembangunan Sudah 60%, Ini Penampakan Masjid Agung Karanganyar

Solopos.com, KARANGANYAR — Pembangunan Masjid Agung Karanganyar terus berlangsung dan kini sudah separuh jalan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar masih berupaya mengejar pembangunan masjid agar bisa rampung sebelum HUT Kabupaten Karanganyar pada pertengahan November 2021.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Masjid Agung Karanganyar, Asihno Purwadi, mengatakan batas waktu pengerjaan Masjid Agung Karanganyar masih mengacu pada kontrak yaitu 23 Desember 2021.

Namun, sesuai permintaan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, lanjut dia, pembangunan Masjid Agung Karanganyar bisa selesai sebelum HUT Kabupaten Karanganyar. Pihaknya berupaya untuk bisa menyelesaikan sesuai permintaan Bupati.

Baca juga: Cuma di Klodran Karanganyar Ada Soto Disajikan di Cangkir, Pernah Coba?

“Sampai saat ini kami pantau masih on the track. Jadi sesuai harapan kami. Sampai saat ini terpantau sudah sekitar 60 persen proses pembangunannya. Saat ini tahapnya masih mengerjakan kerangka baja untuk menara. Ada empat menara nanti, baru selesai satu,” jelas dia kepada Solopos.com, Selasa (14/9/2021).

Empat Menara dan Lift

Asihno menambahkan keempat menara memiliki fungsi berbeda. Tiga menara tersebut nantinya akan dilengkapi lift yang juga memiliki fungsi berbeda.

“Dua lift di sisi timur nanti yang utara dan selatan ditujukan untuk akses menuju lantai dua. Kalau yang barat nanti fungsinya untuk akses menuju menara pandang,” imbuh dia.

Baca juga: Pasar Mbatok di Desa Wisata Kemuning Karanganyar Belum Juga Buka, Ini Sebabnya

Selain menara, pekerja menurut Asihno juga sedang mengerjakan rangka kubah masjid. Sementara itu beberapa ornamen dan payung mekanik yang akan di tempatkan di masjid dikerjakan di luar Karanganyar.

“Untuk payung dengan sistem otomatis dan ornamen kuningan tidak bisa dikerjakan sendiri. Jadi dibuat di Tangerang dan Boyolali. Nanti kalau sudah jadi tinggal dibawa ke sini [masjid] dan tinggal dipasang,” jelas dia.

Sebagai informasi, Masjid Agung Karanganyar menjadi megaproyek salah satu masjid termegah di Karanganyar. Masjid Agung Karanganyar dibangun menghabiskan anggaran senilai Rp89 miliar.

“Awalnya Rp101 miliar. Dikurangi biaya DED, konsultan, dan biaya lainnya jadinya total untuk pembangunannya Rp89 miliar,” beber dia.

Baca juga: Baru 8 Jam Melahirkan, Guru asal Sragen Nekat Ikut Ujian PPPK di Karanganyar


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago