SOLOPOS.COM - Pembongkaran puing sisa bangunan sisa kebakaran Pasar Klewer Solo, Selasa (23/6/2015). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Pembangunan Pasar Klewer, Pemkot menunggu kepastian dana pembangunan ke pemerintah pusat.

Solopos.com, SOLO–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menagih janji Pemerintah Pusat terkait kucuran dana untuk proyek lanjutan pembangunan Pasar Klewer.  Pemkot berencana ke Kementerian Perdagangan untuk mempertanyakan kejelasan dana pembangunan Klewer pekan depan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Solo Subagiyo mengatakan mesti APBN 2016 telah ditetapkan, Pemkot belum bisa memastikan ihwal anggaran kelanjutan proyek pembangunan Pasar Klewer. Pemkot masih menunggu kejelasan anggaran tersebut.

“Kami akan ke Kementerian Perdagangan kalau tidak Selasa ya Rabu depan. Kami akan tagih janjinya dulu untuk Klewer,” kata Subagiyo kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (3/11/2015).

Subagiyo tetap optimistis kekurangan anggaran proyek revitalisasi Pasar Klewer tahap II senilai Rp95,8 miliar bakal dipenuhi Kementerian Perdagangan.  Subagiyo mengatakan Pemkot telah menyerahkan proposal rencana pembangunan Pasar Klewer ke Pemerintah Pusat yang nilainya mencapai Rp157 miliar. Dana tersebut kemudian dipenuhi Pemerintah Pusat senilai Rp61,8 miliar pada tahun anggaran 2015. Sisanya, Pemerintah Pusat menjanjikan akan mengucurkannya pada APBN 2016. Atas kondisi ini, pihaknya optimistis Pemerintah Pusat akan mengucurkan dana tersebut.

“Sesuai intruksi Penjabat (Pj.) Wali Kota, kami diminta ke Pusat menanyakan itu. Mudah-mudahan dianggarkan sehingga pembangunan bisa dilanjutkan,” kata Subagiyo.

Subagiyo mengatakan proyek pembangunan Pasar Klewer nantinya tinggal tahap finishing. Tahap pertama ini, pembangunan pasar menyentuh struktur bangunan basement, semi basement, lantai dasar dan lantai satu. Pembangunan tersebut kini terus dikebut dan diharapkan rampung sesuai target waktu yang ditetapkan akhir tahun anggaran ini.

Pejabat Pelaksana Harian (Plh.) Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Budi Yulistianto memastikan proyek pembangunan Pasar Klewer tidak akan terhenti pada tahun depan. Pihaknya optimistis pembangunan pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah tetap berjalan sesuai rencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya