SOLOPOS.COM - Aktivitas perdagangan sisi timur Pasar Klewer, Rabu (21/1/2015). (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

Pembangunan Pasar Klewer, bangunan sisi timur Pasar Klewer akan diperbaiki tahun depan dengan dana Rp48 miliar.

Solopos.com, SOLO — Pemkot Solo akhirnya mendapat kepastian kucuran anggaran pembangunan Pasar Klewer sisi timur dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) senilai Rp48 miliar pada 2017. Pembangunan pasar tersebut akan diselesaikan dalam setahun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Proyek itu akan dilelang awal tahun depan. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Budi Yulistianto sesuai bertemu perwakilan Kemendag di Jakarta, belum lama ini. Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) proyek pembangunan Pasar Klewer timur telah disiapkan dan tinggal masuk proses lelang.

“Kami targetkan Januari 2017 masuk ULP [Unit Layanan Pengadaan] untuk proses lelang,” kata Budi ketika dijumpai wartawan di Balai Kota, Minggu (18/12/2016).

Budi menyampaikan pembangunan Pasar Klewer sisi timur telah disiapkan Pemkot sejak tahun ini termasuk detail engineering design (DED) yang dibuat Dinas Pengelolaan Pasar (DPP). Proyek tersebut sesuai rencana dikerjakan dalam setahun dengan total kebutuhan anggaran Rp48 miliar.

Selama proses pembangunan pedagang juga akan dipindah ke pasar darurat yang disiapkan DPP. “Pasar darurat disiapkan di lantai basement Pasar Klewer barat,” katanya.

Budi mengatakan pembangunan pasar sisi timur sejalan dengan proyek pembangunan Pasar Klewer sisi barat yang dikerjakan dua tahun anggaran. Tahap pertama Kemendag mengucurkan anggaran senilai Rp61,8 miliar pada 2015 lalu. Paket proyek pekerjaan tahap I meliputi, struktur bangunan basement dan semi basement.

Sedangkan tahun ini, Kemendag mengucurkan anggaran Rp96 untuk penyelesaian pembangunan pasar yang terbakar akhir 2014 lalu itu. Namun, dari pagu tersebut sesuai hasil lelang anggaran yang digunakan hanya Rp81 miliar dengan paket pekerjaan merampungkan pembangunan lantai I dan lantai II.

Kepala DPP Solo Subagiyo mengatakan segera menyosialisasikan rencana pembangunan Pasar Klewer timur kepada para pedagang. Dia mengatakan pembangunan pasar timur mendesak direalisasikan. Sesuai konsep, bangunan pasar sisi timur akan dibangun dua lantai, basement, dan semi basement, serta bagian atas digunakan untuk hall.

Nantinya antara bangunan pasar timur dan barat akan dibuat jalur khusus sebagai penghubung. Dengan demikian, ada konektivitas bangunan basement, semi basement sisi barat dan timur. “Rencana revitalisasi terus disosialisasikan kepada pedagang pasar timur,” kata dia.

Setidaknya terdapat 546 pedagang di Pasar Klewer timur. Para pedagang tersebut nanti direlokasi ke pasar darurat yang akan dibangun di lantai basement Pasar Klewer barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya