SOLOPOS.COM - Ilustrasi proyek Jalur Jalan Lintas Selatan atau JJLS di DIY. (Harianjogja.com)

Solopos.com, JOGJA — Proyek pembangunan jalan Kelok 18 di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah memasuki tahap persiapan lelang. Rencana, pembangunan jalan Kelok 18 yang menampilkan panorama pantai selatan itu akan dimulai dari dua sisi, baik dari wilayah Gunungkidul maupun Bantul secara bersamaan.

Kepala Satker Pelaksana Jalan Nasional (PJN) DIY, Muhammad Shidiq Hidayat, menjelaskan proyek pembangunan Kelok 18 DIY saat ini memasuki tahap persiapan lelang. Salah satu yang disiapkan untuk proses lelang adalah Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dari proyek tersebut. Selain itu, untuk perencanaan masih ada beberapa hal detail yang perlu didiskusikan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Gambaran umumnya desain secara umum sudah jadi [perencanaan], sekarang sedang menyelesaikan sedikit diskusi terkait desain, kita siapkan HPS serta dokumen lelangnya,” kata Shidiq kepada Harianjogja.com, jaringan Solopos Media Group (SMG), Selasa (15/3/2022).

 Baca juga: Pembangunan Kelok 18 di DIY Habiskan Dana Rp250 Miliar

Dengan memasuki persiapan lelang, Shidiq optimistis pembangunan jalan Kelok 18 di DIY bisa dimulai tahun 2022 ini. Meski demikian, ia belum bisa memastikan kapan pembangunannya akan dimulai.

“Iya kita sudah persiapan lelang, kalau fisiknya target mulai tahun ini. Kalau waktu tepatnya belum bisa perkirakan karena masih banyak proses yang harus dilalui,” ujarnya.

Sementara itu, pengerjaan fisik jalan Kelok 18 DIY itu akan dimulai dari kedua sisi secara bersamaan, yakni di wilayah Gunungkidul dan Bantul. Harapannya, proyek itu bisa dikerjakan dengan lebih cepat.

Kabid Bina Marga Dinas PUP-ESDM DIY, Kwaryantini Ampeyanti Putri, menambahkan pembebasan lahan Kelok 18 sepenuhnya dilakukan Pemda DIY dengan dana keistimewaan. Pembebasan lahan untuk proyek ini sebenarnya sudah dilakukan sejak 2017, namun ada penambahan lahan untuk perluasan sekitar 3,7 hektare dari yang sebelumnya 11,6 hektare.

Baca juga: Mantap! DIY Bakal Punya Kelok 18, Sajikan Keindahan Pantai Selatan

“Untuk dokumen perencanaan sudah dilaksanakan, kami sosialisasi di Februari 2022. proses pengukuran sudah dilakukan, saat ini sudah masuk tahapan pengadaan tim penilai appraisal,” ucapnya.

Secara detail, tambahan lahan itu terdiri atas 55 bidang, dari sebelumnya hanya 87 bidang lahan untuk sepanjang Kelok 18. Pembayaran ganti rugi lahan akan dilakukan pada Mei 2022 mendatang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya