SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Endang Muchtar)

Pembangunan infrastruktur, separuh dari seluruh desa di Indonesia belum mendapat pasokan listrik.

Solopos.com, SENTUL–Sebanyak 50% atau separuh desa yang ada di Indonesia, terutama di kawasan timur negeri ini hingga kini masih belum teraliri jaringan energi listrik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Dari 82.190 desa di Indonesia, sebanyak 42.352 desa belum berlistrik,” kata Ketua Satuan Tugas Program Indonesia Terang (PIT), Said Didu, dalam Sarasehan bertajuk Sinergi Kemen ESDM Wujudkan Kedaulatan Energi Melalui Konservasi Energi dan Program Indonesia Terang, di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, seperti dilansir Antara, Sabtu (21/5/2016).

Dari jumlah tersebut, pihaknya memprioritaskan pembangunan infrastruktur listrik di 12.659 desa tertinggal karena desa-desa tersebut belum memperoleh akses listrik dari jaringan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Desa-desa tersebut sebagian besar tersebar di Provinsi Papua dan di kawasan timur Indonesia lainnya. “Prioritasnya Indonesia bagian timur bisa terang,” katanya.

Program Indonesia Terang (PIT) digelar dalam rangka memenuhi target peningkatan rasio elektrifikasi nasional dari 85% pada 2015 menjadi 97% pada 2019.

Dia mengatakan PIT menghasilkan listrik dengan memanfaatkan energi yang berasal dari daerah setempat yang berupa energi terbarukan seperti energi surya, air, angin, biomassa, hingga arus laut.

“Dengan memanfaatkan energi setempat, pembangunan pembangkit dan transmisi listrik dapat dibangun secara lokal (off-grid), berbasis desa atau pulau, dan tak harus menunggu datangnya jaringan listrik dari pusat,” katanya.

PIT yang telah diluncurkan sejak akhir Februari 2016 lalu, beberapa proyek pembangunan pembangkit listrik sudah berjalan di sejumlah desa. “Sedang berjalan proyek-proyek pembangkitnya, lagi ditata ke depan,” katanya. Pihaknya pun berupaya menggandeng swasta untuk berpartisipasi dalam program PIT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya