SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gapura Sukoharjo (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Pembangunan daerah Sukoharjo khususnya Kartasura segera dilakukan. Sebanyak 173 gapura akan dibangun dengan desain Jawa Klasik.

Solopos.com, SUKOHARJO — Pemerintah Kecamatan Kartasura akan membangun 173 gapura berdesain Jawa Klasik. Gapura ini akan ditempatkan di sejumlah jalan yang berlokasi di daerah Kartasura.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Camat Kartasura, Bachtiar Zunan, 51, mengatakan pembangunan gapura ini bertujuan untuk memperkuat identitas Kartasura. Selama ini Kartasura dianggap belum memiliki identitas yang khas.

“173 gapura ini akan berbentuk sama yaitu berdesain klasik Jawa khas keraton Kartasura. Ini untuk menguatkan identitas kota, supaya pengunjung jika melihat gapura itu langsung tahu Kartasura,” katanya saat berbincang dengan Solopos.com di kantornya, Senin (16/2/2015).

Dia juga mengatakan 173 gapura ini akan dibangun di 74 titik jalan nasional, 13 titik jalan provinsi, dan 86 titik jalan kabupaten. “Wilayah Kartasura kan dilewati jalan nasional, provinsi, dan kabupaten. Setiap titik tertentu akan kami beri gapura,” ujar dia.

Pembangunan gapura ini sudah menjadi keputusan bersama baik dari pemerintah, stakeholder, dan budayawan Kartasura. Rencananya, mulai tahun ini proses pembangunan segera dimulai.

Anggaran pembangunan gapura, lanjut Zunan, tidak akan mengambil dari anggaran pemerintah atau APBD. Tetapi, pemerintah kecamatan akan mencari donatur dari sektor swasta di Kartasura.

“Di Kartasura kan banyak perusahaan swasta, kami akan meminta mereka untuk mendonasikan uangnya dalam rencana pembangunan gapura ini,” jelas dia terkait pembangunan di daerah Kartasura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya