SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)

Pembangunan Boyolali, Pemkab menyiapkan anggaran Rp30 miliar untuk membangun stadion.

Solopos.com, BOYOLALI — Bupati Boyolali, Seno Samodro, mengungkapkan akan membangun stadion sepak bola di Paras, Kecamatan Cepogo, Boyolali. Stadion ini akan menjadi pengganti Stadion Sonolayu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut dia, stadion di Paras ini lebih berkelas dan akan dibangun dengan anggaran Rp30 miliar-Rp35 miliar. Mengingat anggarannya cukup besar, pembangunan stadion ini akan dilakukan bertahap.

Rencananya, pada 2018 akan mulai direalisasikan. “Nanti Stadion Sonolayu akan dipindah ke Paras. Lebih bagus dan akses jalan menuju ke stadion itu selebar 20 meter. Tahun depan mulai dibangun,” kata dia kepada wartawan di rumah dinasnya, pekan lalu.

Dia juga sempat mengatakan rumput Stadion Sonolayu akan dimanfaatkan untuk stadion atletik yang akan dibangun di timur Mapolres Boyolali 2017 ini. Dipilihnya Paras sebagai lokasi stadion karena berada di lokasi yang cukup tinggi.

Diperkirakan oksigen di lereng Gunung Merapi itu tipis sehingga bagus untuk menempa para pemain. Selain itu, dia terinspirasi sekolah sepak bola La Paz di Bolivia yang berada di ketinggian. “Para pemain La Paz terbiasa berlatih pada oksigen tipis sehingga tangguh dan saat mereka bermain di lokasi ekstrem, mereka sudah terbiasa,” kata Seno.

Untuk menempa para pemain persatuan sepak bola Boyolali (Persibi) dia juga berencana mendatangkan pelatih-pelatih top dari Inggris. Tak tanggung-tanggung, dia berencana mendatangkan lima pelatih sekaligus.

Untuk memuluskan rencana itu, Seno mengaku sudah melobi sejumlah akademi sepak bola di Inggris. “Pelatihnya nanti didatangkan lima orang dari Inggris. Saya sudah lobi-lobi dengan akademi sepak bola di sana,” terang dia.

Disinggung mengenai nasib Stadion Sonolayu setelah stadion di Paras dibangun, Seno mengatakan stadion di tengah kota itu akan dibongkar. “Untuk investasi saja. Sudah ada investor yang tertarik mengembangkan Sonolayu itu dan sekarang masih proses tawar-menawar,” ujarnya.

Namun, Seno enggan mengungkap lebih jauh mengenai pemanfaatan Stadion Sonolayu itu. Dia optimistis pengembangan itu akan berdampak baik bagi masyarakat Boyolali.

Terpisah, Camat Cepogo Agus Darmawan mengakui sudah mendengar rencana pembangunan stadion di Paras yang berada di wilayahnya. Menurut dia, stadion itu akan menggunakan tanah kas desa seluas 20 hektare. “Rencanya memang demikian. Tapi waktu pembangunannya saya kurang tahu,” ujarnya saat dijumpai Solopos.com di kantornya, Selasa (4/4/2017).

Dia menambahkan lokasi stadion tersebut berjarak sekitar 300 meter di selatan jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya