SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran (istockphoto.com)

Solopos.com, KLATEN — Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten menangani 111 peristiwa kebakaran sepanjang tahun 2022. Selain menangani kebakaran di wilayah Klaten, Damkar Klaten juga membantu pemadaman kebakaran di wilayah Sukoharjo dan Prambanan, Sleman.

Penyebab kebakaran beragam seperti akibat pembakaran sampah, korsleting, over heat oven, tungku masak, selang tabung elpiji, lilin, obat nyamuk, serta puntung rokok.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Satpol PP dan Damkar Klaten, Joko Hendrawan, melalui Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino, menjelaskan penyebab kejadian kebakaran akibat korsleting di Klaten cukup tinggi. Beberapa kejadian kebakaran yang menimpa bangunan seperti rumah serta pabrik disebabkan lantaran korsleting listrik.

Salah satu kejadian kebakaran yang diduga disebabkan akibat korsleting, yakni kebakaran yang terjadi pada gudang kain salah satu pabrik konveksi di Kecamatan Pedan pada Desember 2022.

Ekspedisi Mudik 2024

“Di beberapa kejadian kebakaran di rumah, mohon maaf, kabel yang digunakan tidak sesuai standar. Seperti ada yang menggunakan kabel dengan serabut kecil serta ada yang menggunakan kabel telepon. Sementara, pemakaian listrik melebihi beban daya. Kemudian penyambungan kabel listrik tidak tertutup dengan sempurna,”  kata Sumino saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (5/1/2023).

Berikut ini daftar peristiwa kebakaran yang ditangani Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten selama 2022 dilihat dari penyebab kebakaran:

1. Pembakaran sampah: 31 kejadian.

2. Korsleting: 22 kejadian.

3. Over heat oven: 15 kejadian.

4. Belum diketahui: 4 kejadian.

5. Tungku masak: 6 kejadian.

6. Selang tabung elpiji: 12 kejadian.

7. Lilin: 2 kejadian.

8. Obat Nyamuk: 1 kejadian.

9. Puntung rokok: 2 kejadian.

10. Sebab lain: 16 kejadian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya