SOLOPOS.COM - Lokasi pemasangan grider jembatan di ruas Tol Batang-Semarang. (Istimewa/Antara)

Solopos.com, BATANG — Proyek pemasangan grider di Jembatan Kedawung yang menjadi penghubung ke Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang di Km 368+100 ruas Tol Batang-Semarang akan dihentikan saat akhir pekan. Hal ini disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kawasan Industri Batang I, Nugraha, Selasa (26/10/2021).

Pemasangan grider erection jembatan di ruas Tol Batang-Semarang ini akan dikerjakan mulai 26 Oktober hingga 4 November 2021. Meski demikian, proses pengerjaannya akan dilakukan pada hari Senin hingga Kamis. Sementara, untuk akhir pekan proses pengerjaan proyek itu dihentikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dikerjakan pada hari Senin sampai Kamis. Tidak ada pekerjaan di akhir pekan,” kata Nugraha, seperti dikutip dari Antara, Selasa.

Baca juga: Beredar Video Tol Batang-Semarang Akan Ditutup Total, Ini Faktanya

Nugraha mengatakan pelaksanaan pekerjaan pemasangan grider jembatan itu seharusnya dikerjakan mulai Senin (25/10/2021). Meski demikian, jadwal itu mundur sehari, yakni Selasa (26/10/2021).

Sedangkan waktu pelaksanaan pekerjaan akan dimulai pada pukul 23.00 WIB hingga 04.00 WIB atau periode window time.

Selain itu, saat pelaksanaan proyek itu pihaknya akan menerapkan mekanisme buka tutup atau stop and go sejauh 50,8 meter. Sedangkan durasi penutupan ditetapkan maksimal 35 menit, mulai dari Km 363+000 jalur arah Semarang dan Km 375+200 jalur arah Batang.

“Dalam sehari akan diberlakukan dua kali skema buka tutup saat pengerjaan,” ujarnya.

Pemasangan grider pada Jembatan Kedawung di Tol Batang-Semarang ini sebelumnya menuai kontroversi. Hal ini menyusul beredarnya video yang menyatakan akan dilakukan penutupan di ruas Tol Batang-Semarang selama pengerjaan proyek pemasangan grider jembatan tersebut.

Baca juga: Tanah Dibeli 37 M2 untuk Tol Solo-Jogja, Warga Klaten Tolak Jual Sawah

Kendati demikian, informasi itu dibantah Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), Prajudi, selaku pengelola jalan Tol Batang-Semarang. Ia memastikan tidak ada penutupan ruas Tol Batang-Semarang selama pemasangan grider jembatan itu.

PT Jasamarga Semarang Batang selaku pengelola ruas jalan Tol Batang-Semarang akan melakukan pengaturan lalu lintas dengan manajemen ‘stop and go‘ pada pelaksanaan erection girder Jembatan Kedawung di Km 368+100 ruas jalan Tol Batang-Semarang di kedua arah,” ujar Prajudi dikutip dari akun Instagram @jasamarga_semarang_batang, Jumat (23/10/2021).

Karena lokasi pekerjaan erection girder berada di jalur melintang, di setiap tahapan kami akan melakukan skema ‘stop and go‘. Skema buka tutup berdurasi 40 menit. Skema ini akan diterapkan pada Km 393+050 arah Semarang dan Km 375+100 arah Batang. Namun tidak ada penutupan di ruas jalan Tol Batang-Semarang. Kedua arah tetap dapat dilalui secara normal,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya