SOLOPOS.COM - Lahan bekas Terminal Giri Adipura, Lingkungan Klampisan, Kelurahan Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri belum termanfaatkan. Bangunan di dalamnya mangkrak. Foto diambil, Rabu (5/1/2022). (Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI—Hingga awal Januari 2022 belum ada kepastian terkait realisasi pembangunan hotel dan mal oleh investor di lahan bekas Terminal Giri Adipura Wonogiri, Lingkungan Klampisan, Kelurahan Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Lahan seluas lebih kurang 2 hektare (ha) tersebut belum termanfaatkan, sehingga bangunan di dalamnya mangkrak. Saat ini area tengah digunakan untuk tempat parkir kendaraan angkutan berat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pantauan Solopos.com di lahan bekas terminal lama dekat pertigaan Klampisan itu, Rabu (5/1/2022), area dalam lahan terlihat kumuh. Rerumputan tumbuh di berbagai tempat. Bangunan bekas kantor, kios, area tunggu, menara pantau, dan bangunan lainnya mangkrak.

Baca Juga: Tersetrum Kabel Jaringan, Petugas Rekanan PLN Wonogiri Meninggal

Lahan di bagian depan dekat gerbang didirikan warung makan. Fasilitas yang masih termanfaatkan hanya sumur galian dan area kamar mandi di bagian belakang.

Tak jauh dari sumur dan kamar mandi terdapat lahan yang digunakan sebagai pasar kambing. Warga menginformasikan, pasar kambing beroperasi hanya pada hari pasaran tertentu.

Beberapa unit mobil pribadi dan satu unit kendaraan angkutan berat parkir di area dalam. Satu unit kendaraan angkutan berat lainnya terparkir di depan pintu gerbang.

Baca Juga: Penduduk Miskin Naik, Pemkab Wonogiri Tekad Turunkan hingga 1 Digit

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri, Waluyo, saat ditemui di Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Kamis, mengatakan lahan bekas Terminal Giri Adipura merupakan aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri. Sertifikat diserahkan kepada Pemkab setelah terminal pindah ke lokasi yang sekarang, yakni di Dusun Krisak, Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri. Terminal Giri Adipura di lokasi yang baru juga dikenal sebagai Terminal Krisak.

Informasi yang dihimpun, sertifikat lahan bekas terminal diserahkan pihak terkait kepada Pemkab pada Senin (21/5/2018). Terminal Giri Adipura pindah ke lokasi baru, akhir 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya