SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebebasan berekspresi sebagai dasar mengukuhkan toleransi. (sejuk.org)

Solopos.com, SOLO –  Jaringan masyarakat sipil yang fokus pada isu kebebasan beragama dan berkeyakinan mengecam dugaan pemaksaan pemakaian jilbab kepada seorang siswi di SMAN  1 Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pemaksaan pemakaian jilbab itu menyebabkan siswi tersebut depresi. Keterangan tertulis jaringan masyarakat sipil DIY yang dipublikasikan pada Senin (1/8/2022) menjelaskan peristiwa itu bermula ketika guru bimbingan dan konseling, wali kelas, dan guru agama memaksa seorang siswi agar memakai jilbab.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Harian Jogja memberitakan seorang siswa SMAN 1 Banguntapan depresi dan menangis di toilet sekolah selama satu jam setelah dipaksa memakai jilbab. Ombudsman Republik Indonesia (ORI) DIY telah memanggil Kepala SMAN 1 Bantul untuk dimintai penjelasan. Duduk perkara bisa dipahami di Pemaksaan Pemakaian Jilbab Tak Relevan dengan Kebebasan Berkeyakinan.

Sampah antariksa berupa roket bekas peluncuran modul stasiun antariksa Republik Rakyat Tiongkok (RRT) jatuh di Samudera Hindia, tepatnya di Sumatra dan Kalimantan, dalam dua hari terakhir. Fenomena tersebut cukup berbahaya, mengingat debris yang jatuh bisa membahayakan misi luar angkasa, salah satunya merusak satelit.

Dalam pemantauan di situs orbit.brin.go.id/index.php/pemantauan-realtime, dua bongkah debris telah jatuh pada Sabtu-Minggu (30-31/7/2022). Sebelumnya, Pusat Riset Antariksa – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memantau melalui situs pemantauan secara real time. Serpihannya melewati wilayah Sarawak, Malaysia. Ulasan lengkap bisa dibaca di Sampah Roket China Jatuh di Kalimantan dan Mitigasi Kesiapan Indonesia.

Setelah menjalani serangkaian uji coba, taksi terbang Ehang 216 akhirnya mengudara di langit Jakarta, Minggu (31/7/2022). Kemunculan taksi terbang menandai revolusi transportasi sudah di depan mata.

Taksi terbang dari Prestige Motors mengudara di Lapangan Parkir B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta, di hari terakhir Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Tian Xing He, perwakilan dari Ehang mengapresiasi seluruh support stakeholders pada demo flight ini. Menurutnya, taksi terbang ini pertama kali mengudara di Indonesia untuk demo flight dari Titik A ke Titik B. Ulasan lengkap bisa dibaca di  Taksi Terbang Tandai Revolusi Transportasi Sudah di Depan Mata.

Sebelum disajikan dalam bentuk makanan, anjing mengalami serangkaian penyiksaan. Mulai dari dipukuli dalam karung secara brutal hingga mati lalu dibakar bangkainya sebelum dipotong menjadi bagian yang lebih kecil.

Pencinta satwa dari komunitas Animals Hope Shelter dan aparat kepolisian menggerebek rumah jagal anjing di Surabaya usai mendapat laporan dari masyarakat.

Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya Komisaris Polisi Muhammad Fakih memastikan pemilik rumah jagal tersebut telah mengakui menjual daging anjing untuk konsumsi. Uraian lengkap tersaji di Brutalnya Proses Pembunuhan Anjing Sebelum Dikonsumsi di Indonesia.

Semua berita di atas bisa dibaca hingga tuntas di kanal Espos Plus. Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium menyajikan analisis mendalam atas suatu topik. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya