SOLOPOS.COM - Pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 Marselino Ferdinan (kanan) terjatuh seusai dilanggar pesepak bola Tim Nasional Vietnam U-19 Vu Van Son (tengah) dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, SLEMAN—Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16  Bima Sakti berharap para pemainnya menjaga performa dengan baik. Bima pun meminta anak asuhnya saat ini yang berlaga di Piala AFF U-16  2022 2022 mengikuti jejak Marselino Ferdinan.

Bima menganggap Marselino berhasil menjaga performa sehingga bisa konsisten mengisi tempat di skuat Timnas Indonesia senior sejak memperkuat Timnas Indonesia U-16 pada 2019.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

“Semoga ada Marselino-Marselino lain dari Timnas Indonesia U-16 saat ini,” ujar Bima Sakti di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga: Indonesia 9-0 Singapura di Piala AFF U-16, Begini Strategi Bima Sakti

Menurut juru taktik berusia 46 tahun itu, salah satu kunci agar dapat bertahan di belantara sepak bola nasional adalah disiplin.

Selain itu, pemain tidak boleh cepat puas, terus belajar, tidak cepat besar kepala dan selalu mengasah diri agar kemampuan terus berkembang.

“Kami dari tim pelatih sudah mengedukasi mereka soal itu. Jadi bukan hanya tentang ilmu sepak bola saja. Tentang hal di luar lapangan juga penting agar pemain terus belajar. Itulah kenapa kami menerapkan aturan-aturan di tim seperti pembatasan penggunaan handphone dan wajib beribadah bersama-sama,” tutur Bima.

Baca Juga: Prediksi Piala AFF U-16 2022, Indonesia Tampil All-Out Hadapi Singapura

Marselino Ferdinan menjadi salah satu pesepak bola muda nasional yang paling mendapatkan sorotan setidak-tidaknya pada satu tahun terakhir.

Pada usianya yang baru 17 tahun, dia menjadi andalan di timnas U-19, timnas U-23 dan mampu mendapatkan kepercayaan pelatih Shin Tae-yong untuk mengisi tempat di timnas senior Indonesia.

Marselino adalah pemain yang turut membawa Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Saat ini dia juga bagian dari skuat inti klub Liga 1 Persebaya Surabaya.

Baca Juga: Jelang Lawan Singapura, Kiper Timnas Indonesia U-16 Ikram Tak Dimainkan

Pencapaian remaja yang lahir di Jakarta itu bisa dicontoh lantaran dia masih berstatus pemain timnas U-15/U-16 pada 2019.

Marselino Ferdinan ikut membawa Indonesia menduduki peringkat ketiga Piala AFF U-15 2019, dengan mengoleksi lima gol atau menjadi pencetak gol terbanyak kedua turnamen tersebut.

Kemudian, masih pada 2019, Marselino juga membantu Indonesia lolos ke Piala Asia U-16 2020 dengan menjadi tim terbaik kedua dalam Grup G kualifikasi. Pada kualifikasi tersebut, Marselino membuat tujuh gol, hanya berbeda satu gol dari pemain tersubur keseluruhan.

Baca Juga: Klasemen Lengkap Grup A, B, dan C Piala AFF U-16 2022 Hari Ini

Namun, Indonesia tak dapat berkompetisi di Piala Asia U-16 2020 karena pandemi Covid-19 membuat AFC memutuskan untuk membatalkan kompetisi itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya