SOLOPOS.COM - Pemain Persis Solo Khusnul Yuli (kiri) saat melakukan latihan di Stadion Sriwedari, Solo. JIBI/Solopos/Sunaryo Haryo Bayu

Pemain Persis Khusnul Yuli Kurniawan yang menjadi palang pintu Laskar Sambernyawa, bermain gemilang saaat melawan Madiun Putra.

Solopos.com, SOLO — Dalam laga uji coba kontra Madiun Putra (MP) di Stadion Manahan, Solo, Minggu (9/8/2015), para pemain Persis memang gagal menunjukkan performa impresif. Tim besutan Aris Budi Sulistyo (ABS) itu tampil kurang padu dan hanya mampu menghasilkan kemenangan 1-0.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Kendati demikian, tidak semua pemain Persis tampil buruk. Beberapa pemain menunjukkan kinerja berkelas, salah satunya adalah bek kanan Khusnul Yuli Kurniawan.

Ekspedisi Mudik 2024

Beberapa kali eks pemain Persik Kediri itu melakukan clearence untuk menghalau pergerakan lawan di daerahnya. Ia juga tak segan-segan naik ke depan untuk membantu serangan melalui umpan-umpan silangnya.

Yuli bahkan mampu bermain secara konsisten selama 90 menit. Padahal bagi seorang pemain bola, usianya sudah tidak lagi, muda yakni 39 tahun.

Faktor usia ini pula lah yang menyebabkan manajemen Persis yang kini ditangani PT Persis Solo Saestu  sempat ragu untuk mendatangkannya. Manajemen khawatir, Yuli kurang bisa memberikan konstribusi secara maksimal bagi tim mengingat usianya yang sudah melewati masa keemasan.

Namun, keraguan ini mulai dihapus Yuli. Saat diberi kesempatan, Yuli mampu memberikan jawaban dengan performa yang konsisten selama 90 menit.

Performa itu pun kian mengukuhkan julukannya sebagai Si Badak. Julukan yang masih melekat padanya karena stamina yang tak kenal lelah.

“Yang penting itu senang. Kalau bermain dengan hati senang, rasa lelah enggak akan terasa. Untuk nutrisinya adalah beristirahat dengan cukup,” ujar Yuli saat dijumpai Espos seusai laga kontra MP, Minggu kemarin.

Terpisah, ABS menilai Yuli telah menunjukkan kualitasnya sebagai pemain berpengalaman. Meski demikian, pelatih yang berdomisili di Jaten, Karanganyar ini berharap pemain yang gemar menggunakan jersey nomor 25 itu bisa memberikan kontribusi yang lebih bagi tim.

“Kalau secara kualitas, ia enggak perlu diragukan lagi. Tapi, harapan saya ia juga bisa memberikan kontribusi lebih kepada tim. Usianya yang sudah matang dan pengalamannya sebagai senior, saya harapkan bisa memberikan motivasi tambahan bagi pemain lain saat tampil di lapangan,” ujar ABS. (Imam Yuda Saputra/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya