;

Peluang Bisnis yang Cocok untuk Anak Muda

Ada berbagai ide usaha yang cocok untuk anak muda. Bisnis-bisnis itu tidak hanya populer, tapi juga punya peluang keuntungan yang besar.
SHARE
Peluang Bisnis yang Cocok untuk Anak Muda
SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak muda bahas ide bisnis. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Banyak jenis bisnis kekinian yang saat ini berpeluang ‘mendulang’ keuntungan yang besar untuk generasi milenial. Beberapa usaha yang cocok untuk anak muda juga bahkan ada yang masih minim pesaing sehingga potensi mendapatkan keuntungan pun menjadi lebih besar.

Untuk yang sedang mencari bisnis kekinian dan cocok untuk anak muda zaman sekarang, di sini kami punya rekomendasinya. Berikut sudah kami rangkum beberapa rekomendasi yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memulai berbisnis.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

1. Bisnis Kopi

Saat ini bisnis di bidang perkopian merupakan salah satu usaha yang terbilang potensial. Bisnis di bidang ini juga meliputi berbagai hal. Anda bisa membuka warung kopi, menjual biji kopi, maupun menjual kopi bubuk.

Untuk yang tinggal di daerah-daerah yang dekat dengan pertanian kopi, bisnis ini tidak akan sulit dijalankan. Terutama untuk Anda yang ingin menjual bijinya maupun bubuknya yang sudah dikemas.

Baca Juga: Amerika Serikat Makin Familier dengan Cita Rasa Kopi Khas Nusantara

Bisnis yang cocok untuk anak muda ini juga bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar. Bahkan untuk memulai usaha warung kopi pun bisa Anda mulai dengan skala yang kecil terlebih dahulu.

2. Bisnis Membuat Kue

Untuk yang hobi atau suka memasak, kini saatnya Anda memanfaatkan hobi tersebut untuk menghasilkan keuntungan. Salah satunya yaitu bisnis membuat kue untuk ulang tahun, sebagai cemilan, hingga untuk kue-kue di hari-hari tertentu, seperti hari raya.

Bisnis kue ini masih tergolong minim pesaing. Anda bisa memilih bisnis ini untuk usaha sampingan maupun utama. Selain itu tawarkanlah beberapa produk kue sekalian agar customer punya banyak pilihan.

Bisnis kue juga merupakan salah satu yang bisa Anda jalankan dengan skala yang kecil terlebih dahulu. Artinya modal di awal membuka usaha tersebut tidak perlu terlalu besar.

Ekspedisi Energi 2022

3. Bisnis Thrift Shop

Untuk yang belum tahu, thrift shop adalah usaha yang menjual berbagai macam produk bekas. Produk yang Anda jual bisa dari dalam maupun luar negeri. Kini Anda bisa membeli domain untuk membuat website yang kemudian dijadikan toko untuk menjual produk-produknya.

Jenis produk yang bisa dijual mulai dari tas, sepatu, topi, aksesori dan masih banyak lainnya. Di awal membuka usaha ini biasanya produk bekas tersebut akan dijual secara karungan. Untuk satu karungnya biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp1 jutaan.

bazar baju bekas
Bazar thrift bertajuk Lebaran Gembira #2 digelar di Sarkara Hall De Tjolomadoe. Bazar tersebut digelar pada 21-24 April 2022. (Istimewa)

Di dalam satu karung ini ada banyak sekali produk yang dijual secara random. Isi barang di dalam karung bisa mencapai 50 hingga 100 barang bekas yang masih layak pakai atau dalam kondisi yang sempurna. Akan tetapi ada juga produk yang cacat dan perlu diperbaiki.

Anda bisa menggunakan Hostinger sebagai layanan hosting untuk membuat toko online. Dengan begitu produk Anda bisa dijual di toko online pribadi.

4. Bisnis Laundry

Sampai saat ini, laundry masih menjadi salah satu bisnis yang paling disukai oleh para pelaku bisnis yang punya tempat strategis. Bahkan bisnis laundry juga menjadi salah satu usaha yang cocok untuk anak muda.

Untuk yang punya tempat tinggal di daerah-daerah dekat indekos, perumahan, hingga perkantoran, bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan. Anda bisa menjalankan bisnis ini sendiri atau langsung merekrut karyawan sesuai dengan modal yang Anda miliki.

Baca Juga: Peluang Besar Datangkan Cuan, Ini Tips Memulai Bisnis Laundry Kiloan

Bisnis laundry sangat menjanjikan terutama untuk yang bertempat tinggal di pemukiman yang padat penduduk. Untuk mempromosikan bisnis, Anda bisa membeli domain dan hosting untuk membuat website sebagai media promosi dan pemasaran.

5. Jasa Desain Grafis

Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis untuk kebutuhan promosi maupun pemasaran. Desain grafis saat ini memiliki banyak sekali jasa yang bisa ditawarkan. Selain pembuatan brosur dan pamflet, jasanya juga dimanfaatkan untuk promosi di media sosial dan platform lainnya.

Promosi dan pemasaran bisnis ini juga sudah bisa melalui sebuah website. Selain itu website Anda juga bisa digunakan sebagai media untuk portofolio hasil desain yang sudah Anda kerjakan. Selain itu juga bisa untuk menaruh testimoni kepuasan pelanggan yang sudah menggunakan jasa Anda.

6. Jasa Cuci Kendaraan

Anda punya tempat di pinggir jalan? Kini Anda bisa memanfaatkannya untuk membuka jasa cuci kendaraan baik itu mobil maupun motor. Bisnis ini kini semakin populer mengingat tidak banyak pemilik kendaraan yang punya waktu luang untuk mencuci kendaraannya sendiri.

cuci mobil
Ilustrasi cuci mobil. (Freepik)

Untuk yang tidak memiliki tempat di pinggir jalan raya, Anda tetap bisa membuka usaha ini dengan menyewa tempat. Carilah tempat yang ideal karena bisnis mencuci kendaraan hanya bisa dijalankan di pinggir jalan yang sering dilalui oleh kendaraan-kendaraan.

Baca Juga: Peluang Bisnis: Cuci Mobil Waterless Bisa Untung Rp25 Juta/Bulan

Anda juga bisa membuka sistem booking online menggunakan aplikasi Whatsapp, Instagram, maupun membuat website. Untuk yang ingin membuka layanan pada website, Anda bisa menggunakan Hostinger.

7. Bisnis Ikan Hias

Pecinta ikan hias di Indonesia tergolong sangat banyak sekali. Bahkan komunitasnya pun bisa dikatakan sangat besar. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa bisnis ikan hias cocok juga untuk anak muda. Terlebih saat ini ada banyak ragam jenis ikan hias yang bisa Anda jual.

Ikan hias juga merupakan produk yang bisa Anda jual juga secara online namun untuk di daerah sekitar saja. Anda bisa membuat website dari penawaran domain dan hosting yang harganya terjangkau.

Kemudian Anda bisa membangun website tersebut sebagai katalog ikan hias yang Anda jual. Jangan lupa juga untuk menggunakan gambar terbaik agar katalog tersebut menjadi lebih menarik.

8. Menjual Aksesori

Selain pakaian, aksesori juga merupakan salah satu item fashion yang bisa menyempurnakan penampilan Anda. Aksesori biasa digunakan untuk mendukung penampilan, baik itu untuk perempuan maupun laki-laki.

Ada banyak aksesori yang cocok untuk anak muda. Bisnis ini juga sangat cocok untuk Anda yang punya kreativitas dalam membuatnya. Beberapa jenis aksesori yang laris di pasaran di antaranya seperti manik-manik, mutiara, rajut dan masih banyak lainnya.

manik-manik
Ilustrasi manik-manik. (Solopos.com)

Penjualan dan promosi juga bisa melalui toko online yang Anda buat dengan menggunakan Hostinger. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk menjualnya. Dengan begitu target pasarnya menjadi lebih luas.

9. Membuka Angkringan

Bisnis angkringan saat ini populer di berbagai daerah mulai dari perkotaan hingga pedesaan. Bisnis ini biasanya dijalankan di malam hari. Berbagai jenis makanan dan minuman kopi bisa Anda sajikan di sini.

Modal untuk membuka usaha yang satu ini pun tergolong tidak banyak. Anda hanya membutuhkan satu buah gerobak, tempat duduk, dan pandai mengolah makanan maupun meracik minuman.

Baca Juga: Apa Sih Beda Angkringan Solo dan Jogja, Ada yang Tahu?

Selain kopi, Anda juga bisa menyajikan minuman lain seperti wedang jahe dan rempah-rempah. Minuman tersebut juga tak kalah populer dibandingkan kopi di kalangan anak muda zaman sekarang.

Itulah berbagai ide usaha yang cocok untuk anak muda. Bisnis-bisnis di atas tidak hanya populer, tapi juga punya peluang keuntungan yang besar. Tertarik untuk memulai berbisnis?



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago