top ear
Ilustrasi berjualan tanaman hias di mal. (Facebook.com-Hartono Mall Solo)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi berjualan tanaman hias di mal. (Facebook.com-Hartono Mall Solo)

Peluang Bisnis Tanaman Hias di Mal Terbuka

Tren tanaman hias tak ada habisnya. Kalaupun jeda sejenak, selalu ada permintaan yang tinggi tak terkecuali berburu tanaman hias ke mal.
Diterbitkan Minggu, 29/11/2020 - 05:30 WIB
oleh Solopos.com/Farida Trisnaningtyas
2 menit baca

Solopos.com, SOLO — Tren tanaman hias tak ada habisnya. Kalaupun jeda sejenak, selalu ada permintaan yang tinggi dari masyarakat. Alhasil, harga sejumlah jenis tanaman hias pun terus saja melejit. Bahkan kini muncul cara baru berburu tanaman hias, yakni berkelana ke mal.

Maklum saja, tanaman hias menjadi salah satu ladang bisnis yang menggiurkan pada masa pandemi Covid-19. Antusiasme masyarakat iru pun ditangkap pusat perbelanjaan modern dengan menggelar pameran tanaman hias bertajuk Solo Paragon Plants Gallery pada Rabu - Minggu (25-29/11/2020).

Pemilik Rumah Bunga Mia, Mia Anandita, mengatakan pembelinya naik dua kali lipat dari biasanya sebelum tanaman hias nge-tren seperti sekarang ini. Pada pameran kali ini ia memamerkan tanaman jenis jemani, calathea, aroid, alokasia, hingga philondendron.

Astronom Deteksi Semburan Radio Misterius dari Galaksi Bima Sakti

“Ini usaha ibu saya yang mulai sejak adanya demam jemani pada tahun 2000-an. Berawal dari hobi menanam lalu buka kios pada 2010 sampai sekarang,” ujar dia memaparkan terbukanya peluang bisnis tanaman hias di mal itu, saat ditemui wartawan, Rabu (25/11/2020).

Mia menjelaskan beberapa jenis tanaman yang dipajang pameran kali ini adalah yang paling banyak dicari pelanggan. Harga berbagai jenis tanaman ini mulai dari Rp30.000 hingga jutaan rupiah, tergantung jenis dan ukuran.

Menurutnya, tanaman yang dijual ini tak hanya hasil kebun sendiri, tetapi juga disuplai dari petani sekitarnya rumahnya di daerah Grogol, Sukoharjo.

Celupkan Kepala Anak ke Ember, Mama Muda di Tangerang Viral

Hal ini karena ia cukup kewalahan menerima permintaan dari masyarakat.

“Kalau merawatnya cukup mudah, jado masyarakat juga gampang menangani tanaman ini. Misalnya, kaktus tidak perlu sering disiram, sementara tanaman lainnya dicek dulu media tanamnya, kalau sudah agak kering baru disiram,” imbuh dia.

Sirih Gading Dicari

Staf Surakarta Flowers, Ester, mengatakan tanaman jenis sirih gading atau epipremnum paling laris dicari pelanggan. Jenis lain yang banyak diburu ada anthurium, alokasia, aglonema, dan philondendron.

LG Patenkan Laptop Masa Depan, Layar Bisa Digulung Bak Kertas

“Harganya mulai dari Rp25.000 hingga jutaan. Ada ini sikas atau cycas sejenis pakis yang harganya mulai Rp3 jutaan untuk cycas encephalartos. Ini karena tanamannya langka sekarang, makanya mahal,” tutur dia terkait peluang bisnis tanaman hias di mal itu.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Novita, mengaku senang dengan adanya pameran tanaman hias di mal ini. Menurutnya, pameran ini menjadi ajang baginya berburu tanaman hias.

“Iya, lagi musim senang tanaman hias, ikutan deh. Tapi, ya saya berharap harganya jangan mahal-mahal lah. Ada tadi jenis monstera harganya Rp11 juta - Rp17 jutaan, mahal sekali,” jelas dia.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Klik di Sini untuk Peluang Bisnis Lainnya:

Ternak Ayam Dibantu Teknologi

Tanaman Buah Dalam Pot

Roti Pendamping Kopi

Cuci Mobil Waterless

Air Minum Isi Ulang

Fesyen Muslim

Gorengan

Camilan


Editor : Profile Rahmat Wibisono
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
DataUtama

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini