SOLOPOS.COM - Tampilan karya kuliner berbahan dsar daging ayam, bebek, dan angsa. (Waralabaku.com)

Solopos.com, JAKARTA —  Ayam Bebek Angsa Masak di Kuali. Sekilas dengar, brand kuliner tersebut mengingatkan kita dengan potongan lagu anak-anak asal Nusa Tenggara Timur yang sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia berjudul Potong Bebek Angsa. Nyatanya, peluang bisnis kuliner ayam, bebek, angsa sangat menjanjikan.

Sesuai dengan namanya, bisnis kuliner yang berada di bawah bendera usaha Makko Group ini memang menawarkan menu makanan berbahan dasar olahan daging unggas, yakni ayam, bebek, dan angsa. Ketiga bahan dasar itu memang disajikan di kuali. Peluang bisnis kuliner ayam, bebek, angsa inilah yang meletupkan janji menggiurkan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

CEO Makko Group, Christopher Sebastian, mengatakan pemilihan nama tersebut memang terinspirasi dari lagu anak-anak tersebut yang kemudian disesuaikan dengan menu makanan utama yang ditawarkan di resto tersebut.

Bila Ingin Bahagia, Jangan Permasalahkan Hal Ini dalam Memilih Pasangan

Menurutnya, menu ayam dan bebek merupakan dua jenis makanan yang sudah begitu akrab dengan lidah masyarakat Indonesia sehingga memiliki potensi bisnis yang sangat menjanjikan. Produknya pun bukanlah produk musiman karena telah menjadi salah satu menu yang sering dikonsumsi masyarakat secara umum, dan tidak akan ada matinya.

“Setelah kita riset, biasanya produk kuliner yang ngetren atau viral itu bertahan musiman hanya satu tahun atau maksimal tiga tahun. Kalau produk ayam dan bebek ini dia tidak terpengaruh musim karena sering dikonsumsi baik pagi, siang, sore, ataupun malam, market-nya pun sangat besar sehingga peluangnya pasti akan besar,” ujarnya.

Selain menawarkan ayam dan bebek, keunikan yang dimiliki oleh brand tersebut adalah menu angsa. Pasalnya, selama ini, untuk mencicipi menu daging angsa biasanya hanya bisa dinikmati di restoran-restoran atau hotel-hotel ternama dengan harga yang terbilang cukup tinggi.

Lebih Mudah Temukan Jodoh Seiman dengan Platform Kencan Online

Di resto Ayam Bebek Angsa Masak di Kuali itu, masyarakat bisa menikmati empuknya daging angsa dengan harga yang terjangkau. “Sebagai pengusaha kuliner, kita harus memiliki unique selling yang membedakan dengan pesaing. Jika menu ayam dan bebek itu sudah biasa, maka di sini kami tambahkan menu daging angsa dengan harga terjangkau yang bisa dinikmati semua lapisan masyarakat,” tuturnya.

Tawaran Paket Kemitraan

Untuk lebih mengembangkan brand tersebut, Christopher mengatakan bahwa pihaknya menawarkan paket kemitraan atau waralaba kepada masyarakat yang ingin memulai usaha kuliner. Pihaknya memastikan bahwa para mitra peluang bisnis kuliner ayam bebek angsa yang bergabung bisa langsung memulai usaha meski tidak memiliki kemampuan memasak.

Sebab, semua bahan baku yang disediakan telah dibumbui atau dimarinasi sehingga mitra hanya tinggal menggoreng atau membakarnya saja sesuai dengan menu yang akan disajikan. Selain itu, pihaknya juga menyediakan berbagai perlengkapan masak bagi para mitra untuk menghadirkan menu daging tulang lunak.

Tandu Wanita Hamil di Jalanan Rusak, Pria Desa Digiring ke Kantor 

Selain digoreng dan dibakar, menu daging di sini juga dimasak dengan panci bertekanan sehingga membuat daging menjadi empuk sampai ke bagian tulang sehingga bisa dimakan, bumbunya pun lebih meresap hingga ke dalam daging.

“Menu olahan daging ini dimasak dengan cita rasa nusantara yang nikmat, lengkap dengan lima jenis pilihan sambal yang bisa menambah kenikmatan menu masakan, yaitu sambal rica, sambal hijau, sambal kemangi, sambal kecombrang, dan sambal mbee khas Bali yang dibuat dari racikan bawang merah dan putih goreng serta cabai merah segar,” terangnya.

Adapun untuk varian menu unggulan yang biasa menjadi pilihan antara lain ayam chop, bebek chop, angsa chop, ayam bumbu rempah, bebek bumbu rempah, hingga angsa tulang lunak. Masing-masing menu dimasak dengan teknik khusus dan rempah yang melimpah. “Para mitra tidak perlu khawatir karena nanti akan kami ajarkan untuk cara memproses menu-menu tersebut. Caranya pun sangat mudah untuk diikuti, bahkan tanpa background di bidang masak memasak pun para mitra bisa menjalankannya,” tutur Christ.

Peluang Bisnis: Cuci Mobil Waterless Bisa Untung Rp25 Juta/Bulan

Tidak hanya memiliki keunikan dari menu utama, Ayam Bebek Angsa Masak di Kuali ini juga memiliki ragam hidangan nasi yang bisa menjadi pilihan. Misalnya saja nasi bakul si mbok, nasi bakar, dan nasi daun jeruk yang gurih dan nikmat.

Harganya cukup terjangkau mulai dari Rp25.000 untuk paket ayam hingga 50.000 untuk paket angsa tulang lunak lengkap dengan temped an tahu bacem serta sambal dan lalapan serta nasi daun jeruk atau nasi uduk.

Sejak berdiri pada 2018 hingga saat ini, Ayam Bebek Angsa Masak di Kuali telah memiliki 25 cabang dan rencananya akan bertambah sekitar 10 hingga 15 cabang lagi sehingga targetnya bisa mencapai hingga 35 sampai 40 gerai. “Yang 15 ini masih progress karena ada pandemic jadi agak terhambat karena memang teman-teman yang buka masih melihat situasi yang ada. Ini [calon mitra] sudah masuk dan sudah melakukan pembayaran tingga opening saja,” ujarnya.

Tinggalkan Surat untuk Pacar, Siswa SMA di Toraja Gantung Diri

Untuk paket kemitraan yang ditawarkan oleh Ayam Bebek Angsa ini terbilang cukup terjangkau yakni sekitar Rp80 juta untuk gerai offline atau restoran, sudah termasuk bahan baku, perlengkapan dan peralatan, di luar biasa sewa dan renovasi tempat.

Virtual Kitchen

Untuk menarik lebih banyak mitra bergabung, pihaknya tidak akan mengenakan royalty fee atau franchise fee hingga 50 mitra pertama.

Adapun asumsi penjualan per bulan untuk gerai restoran yakni mencapai Rp3,2 juta per hari atau sekitar Rp96 juta per bulan dengan keuntungan mencapai Rp30 juta hingga Rp40 juta sehingga para mitra bisa balik modal dalam kurun waktu tiga hingga enam bulan.

Pas Ditonton di Waktu Luang, Ini 4 Film Horor Komedi Thailand

Selain menawarkan paket gerai resto, pihaknya juga menawarkan paket virtual kitchen dengan investasi Rp30 juta. Artinya, para mitra tidak perlu menyewa toko atau ruko sebab bisnis tersebut bisa langsung dijalankan dari rumah.

“Kami memang sudah menawarkan kemitraan virtual kitchen sebelum covid. Dan ternyata saat [pandemi] Covid, system virtual kitchen ini lebih jalan dan memang sekarang sedang bagus-bagusnya. Ini bisa menjadi peluang bagi masyarakat yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan di masa pandemic,” ujarnya.

Untuk paket virtual kitchen ini, pihak manajemen akan memberikan pelatihan kepada para mitra tidak hanya terkait dalam hal penyajian makanan saja tetapi juga proses pemasaran, termasuk bagaimana caranya agar bisa unggul di system pencarian Gofood maupun Grabfood, semua akan diajarkan secara detail oleh manajemen pusat.

Peluang Bisnis Fesyen Muslim Menyeruak di Tengah Pandemi

Pasalnya, untuk virtual kitchen ini sangat mengandalkan penjualan secara online. “Kalau untuk virtual kitchen ini, bisa BEP juga dalam kurun lima hingga enam bulan bahkan bisa lebih cepat juga,” ungkapnya.

Selain menjual melalui Grabfood atau Gofood, para mitra juga bisa menawarkan produknya melalui marketplace pasalnya saat ini Ayam Bebek Angsa Masak di Kuali juga memiliki paket frozen food sehingga konsumen juga bisa menikmati langsung dari rumah.

“Kami sebagai manajemen pusat juga tentunya sangat aktif memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis. Tidak hanya melalui instagram tetapi juga Facebook, Youtube, dan lain sebagainya, termasuk meng-endorse public figure dan para vlogger maupun blogger,” tuturnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Klik di Sini untuk Peluang Bisnis Lainnya:



Ternak Ayam Dibantu Teknologi

Tanaman Buah Dalam Pot

Roti Pendamping Kopi

Cuci Mobil Waterless

Air Minum Isi Ulang

Fesyen Muslim

Gorengan

Camilan







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya