SOLOPOS.COM - Proses cuci mobil waterless. (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Badai pemutusan hubungan kerja mendera di tengah pandei, peluang usaha pun banyak dicari. Salah satu yang patut ditiru adalah Riva Firdaus Hassan yang memiliki ketertarikan di dunia otomotif. Minatnya itu mendoronya mengembangkan bisnis salon dan cuci mobil di bawah bendera usaha Autoclean Waterless, Februari 2016.

Menurutnya, bisnis salon dan cuci mobil ini memiliki peluang yang cukup besar dan tidak akan pernah ada matinya seiring dengan jumlah kendaraan roda empat yang terus bertambah setiap tahunnya. Apalagi banyak pemilik kendaraan yang sibuk dengan aktivitas sehari-hari sehingga tidak memiliki waktu untuk membersihkan kendaraannya sehingga jasa cuci dan salon mobil lantas menjadi pilihan.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Saya sendiri memang suka dengan otomotif dan saya lihat dimana-mana tempat cuci mobil pasti ramai sehingga saya lihat bahwa bisnis ini layak untuk dijalankan karena peluangnya sangat besar dan bersifat jangka panjang,” ujarnya.

CEO Agensi Song Ha-ye Dicurigai di Balik Kasus Bullying Park Kyung

Ekspedisi Mudik 2024

Namun, sebagai seorang pengusaha, Riva ingin memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh usaha cuci mobil konvensional pada umumnya. Sesuai namanya "waterless", maka Riva membuat inovasi sehingga proses pencucian di Autoclean Waterless ini tidak membutuhkan banyak air.

Hanya memerlukan 325 ml cairan atau setara dengan segelas air yang kemudian dicampur dengan Carnauba Wax dan Karbon. Jumlah tersebut jauh lebih hemat dibandingkan dengan pencuci kendaraan lain yang bisa menghabiskan kurang lebih 400 liter air dalam sekali mencuci kendaraan.

Susah Parkir

Dengan jumlah penggunaan air yang minim, Riva kemudian melihat peluang untuk membuka gerai Autoclean Waterless di mal. Sebab, biasanya banyak pengendara yang ketika tengah mencari parkiran, lalu melihat ada tempat cuci mobil maka yang tadinya tidak berniat, akan tertarik membersihkan atau merawat mobilnya.

4 Rekomendasi Drama Thailand yang Diadaptasi dari Drama Korea

“Buka usaha di mall ini prospeknya cukup besar tetapi belum banyak yang buka usaha cuci mobil di sana karena terkendala dengan air, maka kami dengan inovasi waterless mengambil peluangnya karena kemungkinan besar akan diterima dan bisa menambah servis juga dari mall itu sendiri,” tuturnya.

Diakui olehnya bahwa saat pertama kali memulai banyak konsumen yang merasa khawatir kendaraannya akan baret karena memang masih jarang tempat cuci mobil yang menggunakan metode waterless. Dari situ dia lantas memberi penjelasan kepada konsumen bahwa kendaraan akan bersih dan tidak akan baret karena cairan yang digunakan mengandung formula Carnauba Wax dan Karbon yang dapat mengangkat kotoran sekaligus melindungi kendaraan.

Selain itu, proses pembersihannya menggunakan microfiber lembab yang dapat mengambil dan membersihkan kotoran. Selanjutnya, kendaraan dilap dengan microfiber kering sehingga dapat lebih mengkilap. “Dulu orang masih bingung apa itu microfiber karena biasanya cuci mobil pakai spons dan busa sama Canebo. Lalu kami informasikan keamanan dan kelebihan proses cuci waterless ini, apalagi mengandung cairan wax yang membuat lebih bersih sehingga konsumen menjadi paham,” terangnya.

Irene Red Velvet Minta Maaf Gara-Gara Kasar ke Editor dan Stylist

Memang pada saat pertama kali beroperasi di Botani Square Mall, jumlah konsumen yang menggunakan jasa cuci mobil di Autoclean Waterless hanya sekitar empat sampai enam mobil sepekan. Dari situ lalu meningkat menjadi delapan hingga belasan per minggu, sampai akhirnya mencapai puluhan.

Adapun untuk biaya jasa yang ditawarkan mulai dari Rp70.000 hingga Rp1,3 juta dengan berbagai varian servis mulai dari cuci mesin, pembersihan jamur kaca, jamur body, selain itu, terdapat juga additional seperti dressing interior, coating kaca depan, advance interior, plafon, double wax, spray sealant, termasuk varian terbaru disinfektan.

Tak hanya menawarkan paket cuci mobil saja, Autoclean Waterless juga menjual beberapa produk yang berhubungan dengan perawatan kendaraan serta paket service auto clean dimulai dari basic hingga white paint and diamond extra. Sementara itu, untuk paket cermic coating harga yang ditawarkan mulai dari Rp2,3 juta hingga Rp4,5 juta.

Member Running Man Jeon So-Min Dikecam Penggemar Blackpink

Dalam mengembangkan bisnisnya, Riva menggunakan sistem kemitraan sehingga makin banyak masyarakat yang ikut menikmati peluang di bisnis cuci mobil ini. Adapun biaya investasi yang dibutuhkan mulai dari Rp70 juta untuk waterless.

Tambahan Investasi

Sementara itu, untuk paket investasi kemitraan plus nano ceramic coating, mitra perlu merogoh kocek sedalam Rp205 juta. Namun, jika mulanya sudah membeli paket waralaba waterless kemudian ingin upgrade ke paket ceramic coating, tidak perlu memulai dari awal, hanya tinggal menambah selisih harganya saja.

Adapun fasilitas yang didapatkan para mitra dari investasinya tersebut mulai dari produk cairan autoclean yang lengkap untuk cuci mobil maupun motor, alat kerja, software system, termasuk training hingga 14 hari dan pendampingan tujuh hari, serta dukungan marketing.

Toyata Kenalkan New Fortuner dan New Kijang Innova di Soloraya

Autoclean Waterless sendiri saat ini memiliki jumlah mitra yang masih aktif sebanyak 46 gerai. Dari total tersebut, hanya dua di antaranya yang dioperasikan oleh pusat, sementara sisanya oleh mitra.

“Meski ada yang tutup dan beberapa harus tertunda tetapi kita juga cukup bahagia karena di masa pandemi ini ada tambahan dua mitra baru, yang stand alone dan di mal,” ujarnya.

Dengan investasi senilai Rp70 juta tersebut, para mitra menurutnya bisa balik modal sekitar enam hingga delapan bulan. Dengan omzet sekitar Rp50 juta hingga Rp80 juta per bulan dan keuntungan bersih sekitar Rp10 juta hingga Rp25 juta.

Inilah Situs-Situs Streaming Legal Subtitle Indonesia Anime Jepang



Autoclean Waterless

Investasi awal    : Rp70 juta – Rp205 juta

BEP                      : 6 hingga 8 bulan

Biaya jasa perawatan kendaraan               : Rp70.000 hingga Rp1,3 juta

Biaya jasa ceramic coating and detailing : Rp2,4 juta – Rp4,5 juta

Rata-rata omzet                                             : Rp50 juta – Rp80 juta per bulan

Rata-rata keuntungan bersih                      : Rp10 juta – Rp25 juta per bulan

Klik di Sini untuk Peluang Bisnis Lainnya:

Reseller Online Biskuit Kokola 

Jasa Digital Desain Properti 

Tanaman Buah Dalam Pot

Roti Pendamping Kopi

Pegadaian Mobile

Cacing Sutra

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya