SOLOPOS.COM - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Karanganyar. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Karanganyar menjadi kabupaten terbaik ke-7 nasional dalam penilaian kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) Pemerintah Daerah. Penilaian ini diberikan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Dalam siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Karanganyar, penilaian ini diselenggarakan untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42/2020 tentang Pemberian Penghargaan dan/atau Pengenaan Sanksi Kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penilaian kinerja memiliki tiga kategori yaitu Sangat Baik dengan nilai antara 80 sampai 100. Selanjutnya kategori Baik dengan nilai antara 60 sampai 79,99 dan Kurang Baik dengan nilai di bawah 59,99.

Baca Juga: Longsor Karanganyar, Jasad Sastro Ditemukan Posisi Berdiri di Sungai

Jika pemerintah daerah mendapatkan nilai Sangat Baik maka dapat diusulkan untuk diberi penghargaan berupa piagam/trofi, publikasi media massa dan dana insentif daerah (DID). Sedangkan pada nilai Kurang Baik untuk pemerintah daerah akan diberikan sanksi administratif penundaan Dana Alokasi Umum (DAU) atau Dana Bagi Hasil (DBH).

Sedangkan jika pemerintah daerah berada di kategori Baik maka tidak akan mendapatkan penghargaan ataupun sanksi.

Sementara itu, tim penilai dari Kementerian Investasi/BKPM didampingi oleh surveyor Sucofindo melakukan penilaian di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Karanganyar pada tanggal 3-4 Juni 2021.

Baca Juga: Basarnas: Pencarian Korban Talut Longsor Jadi yang Paling Mendebarkan

“Berdasarkan Keputusan Menteri Investasi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 139/2021 tentang Penetapan Hasil Penilaian Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Kinerja Percepatan Pelayanan Berusaha Pemerintah Daerah 2021, Pemerintah Kabupaten Karanganyar masuk dalam kategori Sangat Baik dengan nilai 92,532. Pemerintah Kabupaten Karanganyar menjadi terbaik ke-7 secara nasional untuk kriteria Pemerintah Daerah Kabupaten,” tulis siaran pers tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya