top ear
PELAYANAN PUBLIK SEMARANG : Hore Samsat Semarang I Terbaik se-Jateng!
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi pelayanan mobil Samsat keliling. (Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos)

PELAYANAN PUBLIK SEMARANG : Hore Samsat Semarang I Terbaik se-Jateng!

Diterbitkan Kamis, 29/12/2016 - 09:50 WIB
oleh Solopos.com/Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com
2 mnt baca -

Pelayanan publik Kota Semarang, yang dilakukan Kantor Samsat Kota Semarang I, meraih predikat terbaik se-Jawa Tengah (Jateng).

Semarangpos.com, SEMARANG — Kantor Sistem Administrasi Manuggal Satu Atap (Samsat) Kota Semarang I terpilih sebagai kantor samsat terbaik se-Jawa Tengah (Jateng) dalam memberikan pelayanan kepada publik. Penghargaan yang diberi nama Samsat Idol Tahap II itu diberikan secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, kepada Kepala Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Kota Semarang I, Julie Emmy Lia, saat Apel Pagi di Halaman Kantor Gubernur Jateng, Semarang, Rabu (28/12/2016).

Selain kepada Samsat Semarang I, penghargaan terhadap kantor samsat yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada publik juga diberikan kepada Samsat Karanganyar sebagai juara kedua dan Samsat Magelang sebagai yang terbaik ketiga se-Jateng. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengatakan penghargaan itu diberikan guna memotivasi para pengelola kantor samsat di Jateng dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada publik.

Sebagai tolok ukur penilaian, pihaknya melihat tingkat kepuasan masyarakat dan tidak adanya komplain terhadap kantor-kantor samsat tersebut. "Semakin kecil komplain yang ada, semakin kepuasan dari masyarakat tinggi. Maka pada saat itu pemerintah [dinilai] berjalan dengan baik," terang Ganjar seperti dilansir situs resmi Pemprov Jateng.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga meminta seluruh jajarannya agar terus mengedepankan pelayanan terbaik yang cepat, mudah, murah, terhadap publik di Jateng. Cepat dengan berupaya mematuhi waktu yang telah ditentukan, mudah dengan memotong prosedur yang berbelit-belit dan murah, bisa jadi diartikan bebas biaya alias gratis. kalaupun memang ada biaya yang dibebankan, maka harus disampaikan secara terbuka kepada masyarakat.

"Kalau memang ada biayanya, berarti masyarakat tahu persis biayanya. Berapa yang harus dibayar dan mereka harus mengetahui tarif itu. Mereka harus dikasih tahu ada yang bayar, ada yang tidak bayar. Tiga ini [cepat, mudah, murah] kita bayangkan akan jadi satu pegangan buat kita semuanya," kata Ganjar. Ganjar mengklaim saat ini pelayanan di instansi-instansi Pemprov Jateng semakin baik, seperti Samsat, rumah sakit, dan Dinas Marga. Bahkan, menurutnya di level provinsi komplain terhadap kerusakan jalan juga semakin sedikit. Sebaliknya, komplain terhadap jalan nasional semakin tinggi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terkait

    berita terpopuler

    Iklan Baris

    Properti Solo & Jogja

    berita terkini