SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul mengakui jumlah dokter yang ditugaskan untuk melayani kebutuhan kesehatan masyarakat di wilayahnya belum ideal. Beberapa puskesmas masih mengalami keterbatasan dokter.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul, Sri Raharto mengatakan, menurut perhitungan ideal yang sudah dilakukan, setiap puskesmas rawat inap wajib menyiagakan minimal tiga dokter.

“Belum bisa mencapai angkat kebutuhan ideal untuk dokter di setiap puskesmas di Gunungkidul. Untuk memenuhui kebutuhan ideal dibutuhkan tiga dokter untuk tiap puskesmas rawat inap. Sementara ada beberapa puskemas yang hanya siaga dua dokter saja,” kata Sri Raharjo kepada Harian Jogja, Selasa (22/5).

Meski tidak menyebut puskesmas mana saja yang masih membutuhkan dokter, Sri Raharto memastikan dari 30 puskesmas di Gunungkidul dibutuhkan minimal 21 dokter untuk tujuh puskesmas yang sudah melayani rawat inap.

Adapun untuk puskesmas rawat jalan dipastikan cukup satu atau dua dokter dibantu perawat. Untuk puskesmas pembantu di Gunungkidul yang berjumlah 149 unit, sampai saat ini operasionaliasasinya masih ditangani bidan dan perawat.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya