SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas U-16 Vietnam, Nguyen Quoc Tuan (kanan) bersama Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, mengikuti konferensi pers Grup A Piala AFF U-16 2022 di Sleman, DIY, Sabtu (30/7/2022). (Antara/HO/PSSI)

Solopos.com, SLEMAN – Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-16 Vietnam, Nguyen Quoc Tuan, menegaskan skuadnya siap menghadapi tekanan penonton Indonesia di Piala AFF U-16 2022 yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DIY, mulai Minggu (31/7/2022).

“Kami siap menghadapi tekanan dari suporter Indonesia,” ujar Nguyen dalam konferensi pers Grup A Piala AFF U-16 2022, Sabtu (30/7/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menyadari bahwa skuadnya dilingkupi sedikit beban selepas persoalan yang terjadi di Piala AFF U-19 2022.

Ketika itu, Timnas U-19 Vietnam diduga bermain mata dengan Thailand, ketika kedua tim berlaga di pertandingan terakhir Grup A, sehingga Indonesia tidak lolos ke semifinal. Permasalahan itu sempat diadukan PSSI ke AFF tetapi AFF memutuskan tidak menemukan pelanggaran.

Nguyen Quoc Tuan mengetahui benar hal tersebut. Oleh karena itu, dia sudah mewanti-wanti para pemainnya agar tetap kuat dan tangguh berlaga di hadapan pendukung tuan rumah.

“Fan sepak bola Indonesia sangat bersemangat dan selalu semarak. Itulah yang menjadi salah satu keuntungan Indonesia sebagai tuan rumah di turnamen ini,” tutur Nguyen.

Baca Juga: Bima Sakti: Timnas U-16 Tak Harus Ikuti Taktik Shin Tae-yong

Piala AFF U-16 2022 diikuti oleh 12 negara yang dibagi kedalam tiga grup. Grup A dihuni Indonesia, Vietnam, Filipina dan Singapura. Grup B beranggotakan Thailand, Timor Leste, Laos dan Brunei Darussalam, sementara di Grup C ada Malaysia, Australia, Myanmar dan Kamboja.

Agar lolos ke semifinal, tim peserta harus menjadi juara grup atau menduduki peringkat kedua terbaik fase grup.

Baca Juga: Klasemen Lengkap Tim Liga 1 2022 dan Hasil Pertandingan Hari Ini

Untuk Indonesia, pertandingan pertama skuad Garuda Asia di turnamen tersebut adalah melawan Filipina pada Sabtu (31/7/2022), kemudian menghadapi Singapura pada 3 Agustus, lalu menjajal kekuatan Vietnam pada 6 Agustus. Semua laga skuad Garuda Asia di Piala AFF U-16 2022 dimulai pukul 20.00 WIB dan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Timnas U-16 Indonesia sendiri berstatus juara Piala AFF U-16 pada tahun 2018. Thailand dan Vietnam merupakan negara tersukses di kompetisi tersebut dengan masing-masing mengantongi tiga gelar juara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya