SOLOPOS.COM - Petugas Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Salatiga membantu warga mengisi SPT pajak dengan metode e-filing melalui telepon pintar di posko pelayanan kompleks Kantor DPRD Kabupaten Semarang, Jateng, Kamis (15/3/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, SOLO -- Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memperpanjang batas waktu pelaporan surat pemberitahuan atau SPT pajak tahunan hingga 30 Juni 2020.

Hal ini dilakukan demi meringankan beban wajib pajak dalam menyiapkan SPT tahunan di tengah kondisi pandemi Covid-19. Hal itu dikatakan Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat DJP, Hestu Yoga Saksama, lewat rilis kepada wartawan, Sabtu (18/4/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hestu mengatakan bagi wajib pajak (WP) badan SPT tahunan yang disampaikan hingga 30 April 2020 cukup berupa formulir 1771 beserta lampiran 1771 I – IV.

Selain itu transkrip Kutipan Elemen Laporan Keuangan yang disampaikan sebagai pengganti sementara dokumen laporan keuangan dan bukti pelunasan pajak jika SPT kurang bayar.

Ada Tambahan 12 Kasus, Positif Corona di Soloraya Tembus 39 Orang

Sedangkan bagi WP orang pribadi pengusaha atau pekerja bebas, pelaporan SPT pajak tahunan yang disampaikan hingga 30 April 2020 berupa formulir 1770 dan lampiran 1770 I – IV.

Selain itu neraca menggunakan format sederhana dan bukti pelunasan pajak jika SPT kurang bayar.

“Penyampaian dokumen kelengkapan SPT tahunan ini sesuai Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor: 02/PJ/2019 paling lambat 30 Juni 2020 menggunakan formulir SPT pembetulan,” ujarnya.

Boyolali Tak Lagi Zona Hijau, Seluruh Wilayah Soloraya Zona Merah Corona

Menurutnya, WP tidak dikenakan sanksi denda atas keterlambatan pelaporan SPT pajak tahunan. Namun, jika ada kekurangan bayar pada SPT tahunan yang disetorkan setelah 30 April 2020 tetap dikenakan sanksi bunga 2 persen per bulan.

Kebijakan Relaksasi

Selain itu, WP yang ingin memanfaatkan relaksasi ini harus menyampaikan pemberitahuan sebelum menyampaikan SPT. Pemberitahuan tersebut disampaikan secara online melalui www.pajak.go.id.

Fasilitas ini tidak dapat dimanfaatkan WP yang menyatakan lebih bayar dan meminta restitusi dipercepat. Juga oleh wajib pajak yang menyampaikan SPT setelah 30 April 2020.

Pakar UNS: Cacing Keluar di Solo, Mungkin Ada Gerakan di Bawah Kerak Bumi

Kebijakan relaksasi ini diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor: 06 /PJ/2020 tanggal 17 April 2020. Peraturan itu tentang Tata Cara Penyampaian Penerimaan dan Pengolahan Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan Tahun Pajak 2019 Sehubungan Pandemi Cobid-19.

Dengan relaksasi pelaporan SPT pajak tahunan ini diharapkan WP dapat melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik dan tidak menunda menyetorkan pajak yang terutang.

"WP badan juga dapat memanfaatkan penghitungan angsuran PPh Pasal 25 Tahun 2020 dengan menggunakan tarif PPh yang lebih rendah [22%],” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya