SOLOPOS.COM - Relawan Jokowi (Dok/JIBI)

Solopos.com, JAKARTA — Para sukarelawan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 lalu mengotot mengarak jagoan mereka ke Istana Kepresidenan Jakarta setelah dilantik di kompleks parlemen, Senayan. Polisi yang semula menolak keinginan itu akhirnya mengalah. Jalur jalan utama Kota Jakarta terpaksa ditutup.

Penolakan atas gagasan para sukarelawan itu semula tegas dinyatakan Kapolri Jenderal Pol Sutarman. Tetapi karena Jokowi saat diwawancarai awak media massa menyatakan bersedia dikirab, maka Sutarman pun berubah sikap. Ia mengizin arak-arakan pascapelantikan presiden dan wapres Jokowi-JK ke Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/10/2014) itu. Tetapi bukan dari Gedung Parlemen melainkan dari Bundaran Horel Indonesia (HI).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pernyataan Sutarman di Gedung Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta, Rabu (15/10/2014) itu pun segera ditindaklanjuti para bawahannya. Jajaran Polda Metro Jaya segera merancang penutupan jalur protokol Jl. Sudirman hingga kompleks Istana Kepresidenan demi mengamankan konvoi presiden-wakil presiden baru itu.

Penutupan jalur jalan terpenting Jakarta itu bakal dilakukan sejak awal hingga selesai pelantikan di Gedung MPR.DPR/DPD, Senin mulai pukul 06.00 WIB. “Petugas akan mengawal iring-iringan rombongan presiden-wakil presiden terpilih,” ungkap Kepala Bagian Operasi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, Rabu.

Polisi Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menutup jalur protokol mulai dari Semanggi, sepanjang Jl. Sudirman hingga Dukuh Atas, berlanjut di Bundaran HI, juga Jl. Merdeka Barat dan Jl. Merdeka Utara hingga depan Istana Merdeka. Budiyanto memperkirakan iring-iringan rombongan kendaraan Jokowi-JK akan memadati jalur tersebut karena melibatkan pawai rakyat.

Budiyanto pun mengimbau pengguna kendaraan umum melintasi jalur jalan alternatif dan menghindari ruas jalan yang dilalui konvoi kendaraan presiden-wakil presiden guna mengurangi kepadatan arus lalu lintas di ibukota itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya