SOLOPOS.COM - Mendagri Tjahjo Kumolo (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, SEMARANG — Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo optimistis pelantikan calon presiden terpilih dan calon wakil presiden terpilih dalam Pilpres 2014 Joko Widodo dan Jusuf Kalla, Senin (20/10/2014), bakal berlangsung lancar. “Semuanya aman. Saya yakin Koalisi Merah Putih (KMP) bisa memisahkan mana proses persaingan demokratis di DPR dan MPR dengan mekanisme ketatanegaraan,” katanya di Semarang, Selasa (14/10/2014) malam.

Hal tersebut diungkapkan Tjahjo Kumolo seusai menghadiri peringatan Pertempuran Lima Hari di Semarang yang dipusatkan di kawasan Tugu Muda Semarang dan dihadiri Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro. Menurut Tjahjo, pertemuan Jokowi dengan Ketua DPR Setya Novanto, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Ketua DPD Irman Gusman merupakan sinyal bahwa pelantikan Jokowi akan berjalan dengan baik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Pertemuan Ketua DPR, Ketua MPR, dan Ketua DPD dengan Pak Jokowi merupakan sebuah sinyal bahwa tanggal 20 Oktober nanti akan berjalan dengan baik,” katanya.

Sebelumnya, Ketua MPR Zulkifli Hasan memang menyatakan 10 fraksi partai politik dan satu dari DPD akan menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Zulkifli dalam kesempatan itu tegas membantah isu yang berkembang di masyarakat bahwa akan ada penjegalan dan boikot saat pelantikan calon presiden terpilih dan calon wakil presiden terpilih.

Jaminan MPR
MPR, Senin (13/10/2014), mengadakan rapat pimpinan yang dilanjutkan dengan rapat gabungan dengan fraksi-fraksi di MPR untuk lebih mematangkan persiapan pelantikan presiden-wakil presiden terpilih. Pada hari yang sama pimpinan MPR berkunjung ke kediaman resmi Gubernur DKI Jakarta guna menemui Jokowi untuk menyampaikan undangan pelantikan sekaligus silaturahim. Setelah itu, pimpinan MPR berkunjung ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (16/10/2014) ini. MPR selanjutnya juga mengagendakan ke Jusuf Kalla dan Wakil Presiden Boediono.

Itulah dasarnya, Tjahjo mengatakan keyakinannya atas kelancaran pelantikan Jokowi-JK sebagai presiden dan wakil presiden periode 2014-2019. Jaminan itu, menurut dia bahkan bukan hanya diberikan MPR, DPR dan DPD, tetapi juga TNI dan Polri. “Saya yakin dan dijamin seluruh pimpinan MPR, DPR, DPD, termasuk TNI-Polri, dan Pak Susilo Bambang Yudhoyono sendiri menjamin sehingga pelantikan Jokowi akan berjalan baik,” katanya.

Pada kesempatan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Djoko Suyanto juga optimistis pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Jokowi-JK, berjalan aman. “Aman, tidak ada apa-apa. Waktu pemilihan legislatif ramainya kayak apa, waktu pemilihan presiden ramainya juga seperti apa. Tanggal 20 Oktober itu acara kenegaraan, bukan acara parlemen,” katanya.

Djoko mengatakan sikap kritis oleh parlemen adalah hal yang biasa dan selama ini juga telah dirasakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya