SOLOPOS.COM - Paslon Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Suroto saat menerima surat rekomendasi di Kantor DPD PDIP Jateng, Kota Semarang, Rabu (2/9/2020).  (Solopos.com/Imam Yuda S.)

Solopos.com, SRAGEN -- Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Sragen terpilih periode 2021-2026 mendadak dimajukan menjadi Senin (24/5/2021). Awalnya, pelantikan tersebut baru akan digelar Juni mendatang. Kabar terkait dimajukannya pelantikan Bupati dan Wabup Sragen itu dibenarkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sragen, Tatag Prabawanto.

Tatag menjelaskan kepastian dimajukannya pelantikan Bupati dan Wabup Sragen itu diputuskan dalam rapat Pemprov Jateng pada Sabtu (22/5/2021) ini. Rapat yang baru selesai digelar pada pukul 14.00 WIB itu langsung disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Begitu dapat kabar dari Provinsi, kami langsung gelar rapat mendadak untuk persiapan kegiatan pelantikan besok Senin,” ucap Tatag kepada Solopos.com, Sabtu sore.

Baca Juga: Rumah Warga Sumberlawang Sragen Terbakar, Uang Rp17 Juta Jadi Abu

Sejak masa jabatan Bupati dan Wabup Sragen periode 2016-2021 berakhir pada 4 Mei 2021, pucuk pimpinan Pemkab Sragen diambil alih oleh Plh. Bupati, Tatag Prabawanto. Tatag sendiri juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen.

“Pertimbangan kenapa diputuskan mendadak, itu kewenangan Provinsi. Yang jelas, sesuai surat dari Kemendagri, kepala daerah terpilih diminta segera dilantik supaya lebih cepat memulai pekerjaan. Jangan sampai kekosongan kepemimpinan pemerintahan itu dibiarkan terlalu lama,” jelas Tatag.

Bupati dan Wabup Sragen terpilih, Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Suroto, bakal dilantik Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di Setda Pemprov Jateng, Semarang pada Senin pukul 10.00 WIB. Para pejabat Pemkab Sragen tidak ikut berangkat ke Semarang. Namun, mereka akan menyaksikan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan itu melalui aplikasi Zoom di Setda Pemkab Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya