SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, SURABAYA — Ketua Komunitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbagi Bersama Berkembang (BBB), Wahyu, mengungkapkan hingga kini masih banyak pelaku UMKM hanya mengandalkan penjualan secara konvensional padahal pergerakan pasar mengarah ke digital.

“Sekarang kan zamannya online, memang beberapa UMKM kita masih konvensional. Untuk itu, pelatihan digital harus terus didorong supaya mereka bisa masuk ke marketplace baik online dan offline. Jika tidak begitu, akan sulit mengenalkan produk kreasi mereka yang seharusnya potensial,” jelasnya, Selasa (18/6/2019), di Surabaya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wahyu mengatakan saat ini jumlah anggota komunitas UKM BBB ini mencapai 1.000 UKM. Sebanyak 80% di antaranya kebanyakan ada di wilayah Jawa Timur, disusul Jakarta lalu Kalimantan.

“Secara pertumbuhan sebenarnya jumlah UMKM kita selalu tumbuh setidaknya 20%-30%, tapi dari jumlah yang ada, hanya 20% yang sudah masuk marketplace, terutama yang sudah pernah ekspor,” imbuhnya.

Wahyu menambahkan, anggota Komunitas UKM BBB sendiri kebanyakan juga bergerak di bidang makanan dan minuman. Sejumlah produk yang sudah pernah mengisi pasar ekspor misalnya seperti keripik pisang, keriping tempe juga produk batik.

“Untuk menggejot ekspor produk UKM ini, kami biasanya mengikuti kegiatan pelatihan internasional, bagaimana caranya kami bisa pasang dan promo produk supaya dilirik oleh buyer asing,” imbuhnya.

Sedangkan untuk memperkuat pasar domestik, anggota komunitas UMKM BBB ini melakukan upaya kerja sama yakni membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi reseller sebagai kepanjangan tangan para pelaku UMKM.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya