SOLOPOS.COM - Jalur cor baru untuk akses kawasan pendidikan di depan SMP Muhammadiyah 5 Solo di Jl. Slamet Riyadi, Solo, Jumat (14/2/2020). (Solopos/M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, SOLO -- Pelaksana proyek pembangunan flyover Purwosari Solo telah menyelesaikan pembangunan akses jalan sementara di sebelah barat perlintasan kereta api Purwosari. Akses itu untuk warga yang hendak menuju sekolah di kawasan tersebut.

Pembangunan akses jalan sepanjang 100 meter dengan lebar 2,5 meter itu juga bertujuan mensterilkan kawasan proyek dari aktivitas warga maupun siswa sekolah di kawasan Pajang, Laweyan, Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Solopos.com di lokasi proyek pembangunan flyover Purwosari, akses jalan berupa cor dimulai dari kawasan gedung Pusat Pengembangan Bisnis (Pusbangnis) Universitas Sebelas Maret (UNS) hingga kawasan SMA Batik 1 Solo.

Stadion Manahan Solo Diresmikan Presiden Jokowi Sabtu (15/2/2020) Malam, Nantikan Keseruannya!

Akses jalan itu berada di samping atau sebelah utara saluran air. Beberapa pejalan kaki dan pengendara sepeda motor sudah mengakses jalan tersebut untuk masuk ke perkampungan maupun pertokoan di kawasan itu.

Ekspedisi Mudik 2024

Pengendara sepeda motor mengakses jalan itu dari ujung proyek sebelah barat lalu mengambil arah selatan mengakses jalan tersebut. Apabila hendak menuju pertokoan, warga dapat menyeberang melalui jembatan saluran air.

90 Bangunan Rusak dan 140 Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang Di Sragen

Jalan itu dapat digunakan untuk mengakses Universitas Sebelas Maret (UNS), Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah (Pakym), SMK Muhammdiyah 4, SMP Muhammadiyah 5, dan lingkungan SMA Batik 1 Solo.

Manajer Pembangunan Proyek Flyover Purwosari, PT Wijaya Karya, Muh. Rivai Miroj, saat dijumpai Solopos.com di sela-sela kegiatannya, Jumat (14/2/2020) siang, mengatakan akses jalan itu mulai dibangun sejak Rabu (12/2/2020) lalu.

Air Embung di Polokarto Sukoharjo Bikin Gatal-Gatal dan Ikan Mati, Tercemar Limbah?

Saat ini akses jalan tersebut sudah siap digunakan untuk pejalan kaki maupun sepeda motor. Menurutnya, pembangunan akses jalan itu hanya berada di sebelah barat perlintasan kereta api atau tidak ada akses jalan untuk menyeberang perlintasan kereta api.

Sedangkan di sebelah timur akses jalan di luar proyek menggunakan jalur lambat yang masih bisa digunakan. “Dalam waktu dekat kami segera memasang penutup berupa seng di lokasi proyek sehingga akses jalan yang baru berada di luar proyek,” ujarnya.

Terpental Dari Motor Seusai Tertabrak Mobil, Pelajar Giritontro Wonogiri Meninggal

Sebelumnya, pelajar harus melintas sangat dekat dengan lokasi proyek untuk menuju sekolah sehingga bisa membahayakan mereka. Nantinya seluruh lokasi proyek akan ditutup dengan seng agar tidak ada aktivitas warga di lokasi pembangunan.

Ia menambahkan pembangunan akses jalan itu murni inisiatif pelaksana proyek di kawasan pendidikan itu. Untuk mengakses jalan itu warga dapat melalui ujung barat proyek pembangunan flyover Purwosari atau di depan SMA Batik 1 Solo.

Anak Sapi Selamat Setelah Jatuh ke Sumur Sedalam 10 Meter di Polokarto Sukoharjo

Ia menyebut jalan itu hanya bisa diakses dari arah barat sehingga warga dari timur yang hendak mengakses jalan itu tetap harus melewati underpass Makamhaji atau flyover Manahan. Ia mengaku mengetahui banyak siswa yang menyeberang rel di kawasan Jl. Transito untuk menuju sekolah.

Ia mengimbau warga untuk melalui rute pengalihan arus yang sudah direkayasa Dinas Perhubungan. Sementara itu, ia mengakui hingga saat ini masih banyak warga yang masuk ke kawasan proyek.

Ada yang sekadar melihat maupun mencoba-coba melalui perlintasan kereta api sehingga ia segera menutup seluruh kawasan proyek dengan seng.

Bawa Mobil Hello Kity, Residivis di Sragen Kejar-Kejaran Tabrak Calya Polisi

Kepala SMP Muhammadiyah 5 Solo, Sudarno, mengakui banyak siswanya dari wilayah timur dan selatan proyek yang memilih menyeberang perlintasan kereta api kawasan Transito. Sedangkan siswa dari arah barat dan utara tidak terlalu terdampak.

Ia mengakui para pengantar maupun siswa bakal terlalu jauh jika harus melalui flyover Manahan atau underpass Makamhaji. Ia selalu mengimbau murid-muridnya untuk berhati-hati saat menyeberang perlintasan kereta api.

Warga Depok Grobogan Terteror Ular Kobra 1,5 M

Ia berharap pemerintah menempatkan petugas khusus yang membantu para siswa menyeberang perlintasan kereta api.

“Misalnya saat melintas ada petugas yang turut mengingatkan berhati-hati saat ada kereta melintas. Petugas itu cukup penting karena yang menyeberang perlintasan kereta kami tidak hanya siswa kami, tetapi banyak sekolah lainnya. Kalau tidak ya underpass Transito itu segera direalisasikan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya