SOLOPOS.COM - Masyarakat beraktivitas di sekitar PKL Sunday Market di kompleks Stadion Manahan, Minggu (10/9/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Aktivitas perdagangan Sunday Market Manahan Solo bakal diliburkan lagi pada Minggu (17/9/2017).

Solopos.com, SOLO — Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Solo bakal meliburkan lagi kegiatan Sunday Market Manahan pada Minggu (17/9/2017 karena kompleks Stadion Manahan dipakai untuk acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) III Majelis Tafsir Alquran (MTA)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dispora sudah menyebar surat pemberitahuan perihal peliburan kegiatan Sunday Market kepada para PKL. Dalam surat yang ditandatangani Kepala Dispora Solo Joni Hari Sumantri tersebut dijelaskan alasan Dispora meliburkan kegiatan Sunday Market karena kompleks Stadion Manahan akan dipakai acara Silatnas III MTA.

Ketua Serikat Pedagang Minggu Pagi Manahan (SPMPM), Joko Santoso alias Yuli de Santos, sudah menerima surat pemberitahuan dari Dispora terkait peliburan Sunday Market. “Dalam surat diterangkan kegiatan Sunday Market diliburkan sehari pada Minggu depan,” kata Yuli saat diwawancarai Solopos.com di kompleks Stadion Manahan, Minggu (10/9/2017) pagi.

Yuli berharap PKL tetap diperbolehkan berjualan dengan mengambil tempat di luar kompleks Stadion Manahan saat kegiatan Sunday Market diliburkan sementara pada pekan depan. Dia mengeluh Sunday Market belakangan kerap diliburkan lantaran Stadion Manahan terus-terusan dipakai untuk kegiatan lain.

Pada Agustus lalu kegiatan Sunday Market bahkan diliburkan hingga dua pekan karena Stadion Manahan dipakai acara Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental Indonesia. Padahal, menurut Yuli, banyak PKL yang mengandalkan hidup dengan berjualan di Sunday Market.

“Tidak tahu Minggu depan PKL boleh berjualan di luar atau tidak saat Sunday Market diliburkan. Intinya Dispora baru memberi tahu Minggu depan kegiatan Sunday Market libur. Harapannya jelas PKL bisa berjualan meski di luar stadion,” ujar Yuli.

Saat dimintai konfirmasi, Kabid Ketertiban umum dan Ketenteraman Masyarakat Satpol PP Solo, Agus Sis Wuriyanto, mengatakan setiap kali Sunday Market diliburkan, PKL otomatis tidak boleh berjualan di dalam maupun di luar kompleks Stadion Manahan.

Satpol PP bakal memberikan sanksi kepada para PKL yang nekat berjualan saat Sunday Market diliburkan, mulai dari penyitaan barang dagangan hingga pencabutan izin penempatan. Petugas Satpol PP bakal terus memantau aktivitas PKL setiap kali Sunday Market diliburkan.

“Minggu depan PKL tetap tidak boleh berjualan di dalam maupun di luar kompleks Stadion Manahan saat Sunday Market diliburkan. Kami akan menyisir keberadaan PKL di seputaran Manahan bahkan sejak Sabtu sore dan Minggu dini hari,” jelas Agus.

Agus Sis mengatakan sedikitnya 50 personel gabungan dari Satpol PP, Linmas kota Solo, Dinas Perdagangan (Disdag), dan Dispora Solo bakal dikerahkan untuk menyisir seputaran kompleks Stadion Manahan saat Sunday Market diliburkan, Minggu depan. Personel gabungan akan menyisir keberadaan PKL.

Dia menyebut jumlah personel tersebut juga akan diturunkan untuk menyisir keberadaan PKL saat Sunday Market diliburkan pada kesempatan lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya