SOLOPOS.COM - Sri Sultan Hamengkubuwono X (harianjogja-Lugas SUbarkah)

Solopos.com, JOGJA — Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwana X mengaku geram atas ulah anak buahnya yang menjadi tersangka kasus korupsi proyek renovasi Stadion Mandala Krida. Sultan pun mendukung proses hukum terkait kasus tersebut.

Seperti diketahui, salah satu tersangka dalam kasus korupsi proyek Stadion Mandala Krida Jogja adalah Edi Wahyudi selaku PNS yang menjabat sebagai Kepala Bidang Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY yang juga merupakan PPK dalam proyek tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia mengaku berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah terjadinya korupsi di Pemda DIY. Sultan memiliki harapan besar agar para pejabat secara keseluruhan memathui pakta integritas. Bahkan, saat ini pelaku korupsi lebih piawai daripada proses pengawasan yang dilakukan berbagai pihak.

Sing ta duweni karep [keinginan kami ya tidak ada korupsi] ki yo susah, bagaimana akan bisa. Sistem pertanggungjawaban kan berproses, tapi jenenge kalau mau punya karep [korupsi] kan lebih limpat [lincah, piawai] daripada orang yang ngawasi,” ucapnya, di Kepatihan, Kamis (22/7/2022) malam.

Baca Juga: Suap Izin Apartemen di Malioboro Jogja, KPK Tetapkan Tersangka Baru

Sultan juga menegaskan tidak akan memberikan bantuan bagi PNS yang terjerat kasus korupsi. Menurutnya, pegawai semacam itu telah melanggar sumpahnya sebagai pelayan publik.

Sultan HB X tak mempersoalkan penangkapan tersebut. Menurutnya tindakan tersangka sudah melanggar sumpahnya sebagai PNS.

“Bagi saya tidak ada masalah saya tidak akan membantu, kalau mereka melanggar sumpahnya sendiri,” katanya.

Baca Juga: Dana Proyek Dikorupsi, Ini Fasilitas & Tarif Sewa Stadion Mandala Krida

Dia menegaskan proses hukum harus berjalan sesuai ketentuan. Terbukti atau tidaknya keterlibatan PNS itu menjadi kewenangan di Pengadilan.

“Berproses saja, terbukti atau tidak itu urusan pengadilan gitu aja,” ucapnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Kesal dengan Eks Pejabat Korupsi Proyek Stadion, Sultan: Tidak Akan Saya Bantu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya