SOLOPOS.COM - Pengunjung di Plaza Madiun Jl. Pahlawan menunjukkan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk mal tersebut, Rabu (8/9/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, JAKARTAPeduliLindungi menjadi aplikasi yang sangat familiar di Tanah Air karena menjadi syarat sejumlah aktivitas masyarakat di tempat publik.

Siapakah pembuat aplikasi tersebut? Beredar informasi liar di media sosial bahwa aplikasi itu buatan Singapura.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tegas membantah kabar itu.

Anak Bangsa

Juru Bicara Kemenkominfo Dedy Permadi mengatakan aplikasi PeduliLindungi merupakan buatan anak bangsa Indonesia yang dikembangkan bersama dengan salah satu perusahaan telekomunikasi di Tanah Air.

“Faktanya, klaim yang mengatakan bahwa aplikasi PeduliLindungi buatan Singapura adalah salah,” kata Dedy dalam laman resmi Kemenkominfo yang dikutip Bisnis.com, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: Hukuman Kasus Pertamina Belum Usai, Edward Soeryadjaya Tersangka Kasus Asabri 

Hal tersebut juga ditegaskan oleh PT Telkom Indonesia Tbk selaku pengembang aplikasi PeduliLindungi.

Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Telkom Indonesia Ahmad Reza menegaskan PeduliLindungi murni aplikasi buatan Indonesia.

“Jadi tidak benar ya, pernyataan yang menyebutkan aplikasi PeduliLindungi adalah buatan negara lain dan datanya rentan diambil pihak asing,” kata Reza kepada Bisnis.com, Selasa (14/9/2021).

Praktik Terbaik

Dia menjelaskan sebagai pihak yang dipercaya menjadi pengembang PeduliLindungi oleh pemerintah, Telkom memang mengambil praktik terbaik dari negara-negara lain yang sudah lebih dahulu memiliki aplikasi pelacakan digital.

Nilai-nilai positif dari berbagai aplikasi di luar negeri itu Telkom ambil untuk pengembangan PeduliLindungi secara mandiri.

Sama sekali tanpa campur tangan pihak asing.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Menurun, Pertumbuhan Ekonomi Ditarget 4 Persen 

Reza meminta masyarakat dan seluruh tokoh, pegiat media sosial, agar bisa lebih bijak dan hati-hati menyampaikan pendapat terutama di tengah kondisi pandemi seperti ini.

Sebelumnya, beredar di media sosial sebuah unggahan yang memperlihatkan logo aplikasi PeduliLindungi dengan keterangan “Ternyata aplikasi PEDULI LINDUNGI itu aplikasi bikinan SINGAPORE. Gila… Seluruh data kita direkam Singapore, dan kedaulatan Data Indonesia sudah ada di tangan mereka, meski ini aplikasi Telkom. Mereka tau Alamat kita, tgl Lahir kita, email Kita, kita makan apa, kita kemana aja… semua mereka tau. Kalau info ini salah mohon saya di informasikan apa yang salah”.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya