SOLOPOS.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan saat wawancara eksklusif dengan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Jakarta, Jumat (22/11/2019). (Bisnis-Abdullah Azzam

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo selalu memberikan penghargaan kepada sejumlah pejabat publik saat puncak perayaan ulang tahun mereka pada bulan Maret 2022.

Pada Dies Natalis ke-46 ini, UNS memilih Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebagai penerima penghargaan bergengsi tersebut. Sri Mulyani dianggap memiliki kebijakan yang mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satunya yakni penundaan pembayaran angsuran kredit oleh pelaku UMKM serta penyaluran bantuan sosial. Rektor UNS Solo, Jamal Wiwoho, dalam jumpa pers di Ruang Sidang 4 Gedung dr Prakosa UNS, Rabu (2/2/2022), mengatakan Sri Mulyani selalu membuat kebijakan yang sangat bermanfaat untuk pengembangan UMKM.

Baca Juga: Spesialis Patologi UNS Solo: 90% Virus Beredar Saat Ini Varian Omicron

“Sejak 2020 lalu sangat banyak kebijakan yang dikeluarkan Bu Sri Mulyani agar eksistensi UMKM kuat di tengah pandemi Covid-19. Misal kebijakan menunda pembayaran angsuran, memberikan bantuan sosial. Serta kebijakan lain yang manfaatnya UMKM yang terdampak setidaknya eksistensinya bisa terus menerus ada,” jelasnya.

UNS Awards untuk Menkeu Sri Mulyani juga selaras dengan tema Dies Natalis UNS ke-46 UNS Solo yakni Internasionalisasi dan Pengembangan Inovasi UNS Berbasis Teknologi Digital Menuju Kebangkitan Ekonomi Kreatif. Penekanan tema tersebut dipilih dengan harapan setelah era new normal nanti pengembangan UMKM yang berbasis ekonomi kreatif bisa lebih cepat.

Baca Juga: Deretan Alumni FEB UNS Solo Jadi Pejabat Top, Ketua OJK sampai Dirut KAI

“Itu sinergi antara kampus dengan dunia industri kami coba, enggak hanya wacana, tetapi dalam implementasi. Misalnya pameran yang dimulai dari Tower, masuk ke lingkungan UNS, juga di Solo Technopark. Kolaborasi yang hebat dalam teori sistem. Input, proses, dan output,” terang Jamal.

Kegiatan utama acara Dies Natalis ke-46 UNS nanti yakni Pameran Outdoor yang dimulai dari Tower 11, Kampus UNS, dan Solo Techopark. Dilanjutkan dengan peresmian Tower 11 oleh Presiden Joko Widodo, International Competition, Upacara Bendera Dies Natalis UNS Solo, penghargaan alumni berprestasi, penghargaan doktor baru, dan penghargaan UNS Awards.

Kegiatan Ilmiah

Pameran nanti, kata Jamal, akan diisi aktivitas UNS seperti pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat untuk di area kampus. Sementara di kawasan STP akan dipamerkan UMKM sebagai simbol kebangkitan ekonomi baik di sektor riil maupun konsep digital.

Baca juga: Akademi Komunitas Negeri Pacitan Belajar Kehumasan ke UNS Solo

“Peserta pameran yakni fakultas, pusat studi, mahasiswa atau unit kegiatan mahasiswa, lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat [LPPM], swasta, UMKM, dan lainnya,” terang Jamal.

Kegiatan pendukung meliputi kegiatan ilmiah, pengabdian masyarakat, bidang olahraga, pergelaran seni budaya, serta kegiatan dari masing-masing fakultas. Disusul bidang olahraga yang meliputi pencak silat, senam virtual, lintas bromo UNS, olahraga tradisional, dan modifikasi olahraga paralympic secara luring.

Baca Juga: Sosiolog UNS Solo: Penanganan Vandalisme Butuh Pemahaman Akar Persoalan

Ketua Panitia Dies Natalis UNS Solo, Reviono, mengatakan tema perayaan tahun ini adalah UNS menguatkan posisinya dengan internasionalisasi dan pengembangan inovasi. Pengembangan itu dimulai dari teknologi digital untuk kebangkitan ekonomi kreatif.

“Awalnya pandemi ini mau enggak mau Indonesia harus bangkit ekonominya. Di satu sisi pandemi ini ada percepatan teknologi informasi. Berbasis teknologi informasi tersebut UNS akan mengatasi masalah yang muncul akibat pandemi. Salah satu saja yang akan disampaikan di Dies ini untuk memajukan ekonomi,” kata Revi dalam jumpa pers, Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya