Peduli, Polres Klaten Bedah Rumah Warga di Karanganom

Kegiatan bedah rumah itu dilakukan bersama Kodim Klaten, Pemerintah Desa (Pemdes) Kunden, sukarelawan, dan elemen warga lainnya di Karanganom dan sekitarnya.
SHARE
Peduli, Polres Klaten Bedah Rumah Warga di Karanganom
SOLOPOS.COM - Wakapolres Klaten, Kompol Sumiarta (paling kanan), memberikan bantuan ke warga tak mampu di Kunden, Kecamatan Karanganom, Jumat (28/1/2022). (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN—Jajaran Polres Klaten merampungkan kegiatan bedah rumah milik Surati, warga Mertan, Desa Kunden, Kecamatan Karanganom, Jumat (28/1/2022). Kegiatan bedah rumah itu dilakukan bersama Kodim Klaten, Pemerintah Desa (Pemdes) Kunden, sukarelawan, dan elemen warga lainnya di Karanganom dan sekitarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, kondisi rumah Surati sebelum dibedah dinilai sangat tidak layak. Atap rumah dalam kondisi lapuk karena dimakan rayap. Saat berlangsung hujan, rumah milik Surati bocor. Tembok rumah juga belum diplester.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Bedah rumah milik Surati dimulai sejak, 23 Desember 2021. Bedah rumah dilakukan dengan menggandeng Kodim Klaten, Pemdes Kunden, Santri Nekat Klaten, Sukarelawan Karanganom Peduli.

Baca Juga: Kakak Adik Lumpuh di Bayat, Kapolres Klaten Beri Santunan & Kursi Roda

Selama kurang lebih satu bulan, aparat keamanan dan sukarelawan bahu-membahu memperbaiki rumah milik Surati. Hal itu seperti pebaikan atap rumah, memperkukuh tembok rumah, dan memasang keramik di dalam rumah.

Lantaran kegiatan bedah rumah sudah rampung, jajaran Polres Klaten memberikan bantuan perabot rumah tangga ke Surati. Bantuan itu, seperti bantal, selimut, kasur, dan lainnya. Bantuan secara simbolis diserahkan Wakapolres Klaten, Kompol Sumiarta.

“Kami memberikan bantuan ke Ibu Surati yang saat itu rumahnya tergolong kurang layak huni. Tapi sekarang, sudah jadi dan dilengkapi dengan tempat tidur juga,” kata Kompol Sumiarta, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, saat ditemui wartawan di Desa Kunden, Kecamatan Karanganom, Jumat (28/1/2022).

Baca Juga: Beri Bantuan Penyandang Disabilitas Basin, Kapolres Klaten: Semangat!

Hal senada dijelaskan Kasihumas Polres Klaten, Iptu Abdilah, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo. Pemberian bantuan ke warga Kunden, Kecamatan Karanganom sebagai wujud kepedulian aparat keamanan ke warga kurang mampu di Klaten.

“Ini menjadi kegiatan sosial dari Polres Klaten. Sebelum diperbaiki, kondisi rumah sangat mengkhawatirkan. Bocor sana-sini saat hujan. Saat ada angin, khawatir roboh juga,” katanya.

Kepala Desa (Kades) Kunden, Kecamatan Karanganom, Sri Hadi, mengatakan kondisi Surati yang menjadi salah seorang warganya sangat layak memperoleh bantuan. Terlebih, Surati juga masih tanggungan membesarkan tiga anak di tengah keterbatasannya. “Berkat sinergitas seluruh pihak, terutama Polres Klaten. Akhirnya, rumah ini sudah layak huni dan bisa ditempati,” katanya.

Baca Juga: Tingkatkan Kekebalan, 570 Anggota Polres Klaten Disuntik Vaksin Booster

Surati selaku pemilik rumah mengaku bersyukur dan berterima kasih karena rumahnya sudah diperbaiki. Sehari-harinya, Surati bekerja sebagai seorang pekerja lepas di sebuah laundry.

Surati memiliki tiga anak, masing-masing duduk di bangku kelas VI SD, kelas II SD, dan masih bawah lima tahun (Balita). Berbekal bantuan seluruh pihak yang terlibat dalam bedah rumah itu, Surati mampu mewujudkan impiannya untuk memperbaiki rumahnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres dan semua pihak yang memperbaiki rumah saya. Alhamdulilah, rumah saya sekarang sudah dapat digunakan lagi,” kata Surati.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago