SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa bumi. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN — Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Klaten menggelar penggalangan dana guna membantu korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Selama sepekan penggalangan, dana yang terkumpul mencapai puluhan juta rupiah.

Ketua PPDI Klaten, Bambang Heru Subroto, mengatakan donasi yang terkumpul akan disalurkan langsung ke warga terdampak gempa bumi. Rencananya, perwakilan PPDI Klaten akan berangkat ke Cianjur pada Minggu (4/12/2022) malam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Donasi yang terkumpul berasal dari para perangkat desa yang menjadi anggota PPDI Klaten yang mencapai 3.000 orang. Para anggota PPDI Klaten itu diminta menyumbangkan donasi seikhlasnya.

Hingga Minggu atau sebelum pemberangkatan perwakilan anggota PPDI Klaten, penggalangan dana masih terus dibuka. Hingga Kamis (1/12/2022) malam, dana yang sudah terkumpul mencapai Rp66 juta.

Penggalangan dana itu merupakan inisiatif PPDI Klaten sebagai bentuk kepedulian terhadap warga terdampak gempa bumi di Cianjur. Sebelumnya, pengurus PPDI Klaten sudah berkoordinasi dengan pengurus PPDI Cianjur soal kebutuhan bantuan. Dari hasil koordinasi itu, bantuan dinilai efektif jika diberikan dalam bentuk uang.

Baca Juga: Peduli Gempa Cianjur, Klaten Kirim 4 Tukang Baja Ringan Bangun Toilet Komunal

Rencananya, bantuan itu diberikan kepada perangkat desa di Cianjur yang terdampak langsung gempa bumi. Artinya, mereka yang rumahnya roboh akibat guncangan gempa hingga terluka akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

“Bantuan diutamakan ke anggota PPDI Cianjur yang tertimpa musibah. Kami sudah koordinasi langsung dengan Ketua PPDI Cianjur dan di sana ada 50 perangkat desa yang perlu mendapatkan penyikapan. Sebagian perangkat desa di derah terpencil yang rumahnya rata dengan tanah dan ada yang mengalami patah tulang serta dirawat di rumah sakit. Setelah nanti perangkat desa ini tersikapi dan masih ada sisa, bantuan akan kami salurkan ke masyarakat yang membutuhkan,” kata Bambang saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya