SOLOPOS.COM - Sumini (kanan), 42, sedang melayani pembeli di Pasar Kota Wonogiri, Wonogiri, Jawa Tengah, Minggu (26/12/2021). (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI — Menjelang Tahun Baru 2022, harga sejumlah komoditas di Pasar Kota Wonogiri, Jawa Tengah melonjak. Salah satu yang mengalami kenaikan drastis adalah harga cabit rawit merah yang mencapai Rp90.000/kilogram.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Minggu (26/12/2021), kenaikan harga ini terjadi sepakan terakhir. Para pedagang mengatakan, kenaikan harga cabai adalah hal yang biasa terjadi menjelang pergantian tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kenaikan harga cabai rawit merah senilai Rp90.000 sudah terjadi satu mingguan ini. Biasanya, tiap akhir tahun [memang] cabai rawit cenderung naik,” kata pedagang cabai di Pasar Kota Wonogiri, Karsi, 46, ketika ditemui Solopos.com.

Baca juga: Jelang Nataru, Stok Pangan di Solo Aman, Tapi Harga Merangkak Naik

Sebelum mencapai Rp90.000/Kg, harga cabai rawit merah di Wonogiri sempat menyentuh angka Rp40.000/Kg. Padahal jika di hari normal harga cabai ini berada di kisaran Rp10.000-Rp20.000/Kg. “Kenaikan harga cabai biasanya dipengaruhi cuaca. Sekarang kan musimnya sering hujan, jadi panennya enggak sebanyak biasanya,” kata Karti.

Tak hanya Karti, kenaikan harga cabai rawit dialami oleh banyak pedagang. Sumini, 42, pedagang lain di Pasar Kota Wonogiri yang juga terdampak oleh naiknya harga cabai rawit merah. Kenaikan harga yang juga disebabkan oleh peralihan musim ini membuat dagangannya sering tidak habis dan harus siap merugi.

“Dampak kenaikan harga [cabai rawit merah] misalnya sewaktu hari biasanya satu pembeli itu bisa membeli cabai seperempat kilogram, sekarang ini hanya satu ons. Stok dagangan saya seringkali masih banyak,” kata Sumini.

Baca juga: 11 Juta Liter Minyak Goreng Murah Rp14.000-an Segera Dipasarkan

Harga Telur

Selain cabai rawit merah, harga cabai merah dan telur juga melonjak satu minggu belakangan. Di lapak Ari, 31, pedagang di Pasar Kota Wonogiri, cabai merah menyentuh angka Rp38.000-Rp40.000/kg.  Ari mengaku kenaikan cabai merah dan cabai rawit merah terjadi dalam kurun waktu bersamaan.

“Kalau cabai ijo masih normal, harganya cenderung murah, Rp15.000/kg. Kalau cabai rawit merah dan cabai merah ini harganya naik drastis,” kata Ari.

Bukan hanya harga cabai rawit merah saja yang naik, harga telur di Pasar Kota Wonogiri juga ikut naik mencapai Rp30.000/kg. Kenaikan harga telur ini terjadi sejak sepekan terakhir, mulai menjelang Natal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya