SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Agenda tahunan Sekaten di kawasan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sebentar lagi dibuka.

Saat ini sudah ada ratusan pedagang menggelar barang dagangan di lapak yang disediakan panitia. Jumlah pedagang diperkirakan akan semakin bertambah saat mendekati pembukaan Sekaten, pekan depan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, G.P.H. Dipo Kusumo, mengaku belum mempunyai data pasti jumlah pedagang yang akan berjualan selama Sekaten.

“Belum didata secara pasti pedagang yang akan berjualan di sepuratan Alut,” ujarnya kepada Solopos.com, Rabu (7/11/2018).

Dipo mengimbau panitia menata para pedagang agar nantinya bisa berjualan dengan tertib. “Pedagang harus berjualan di tempat yang semestinya, jangan asal main jualan. Banyak pedagang yang beralasan momen ini diadakan setahun sekali jadi mereka beranggapan berjualan di mana saja boleh,” ujarnya.

Pedagang kerajinan gerabah asal Jepara, Wanto, mengaku sudah berjualan di area Sekaten sejak Senin (5/11/2018).

“Saya sudah mendapatkan pelanggan sejak Senin kemarin. Banyak penggunjung yang sudah memborong dagangan saya,” ujarnya.

Wanto mengaku sudah rutin berjualan di acara Sekaten. “Saya sudah 10 tahun selalu berjualan di sini setiap tahunnya, tetapi lokasinya berbeda-beda,” ujarnya.

Wanto berharap Sekaten tahun ini lebih ramai dibanding tahun-tahun yang lalu. “Saya berharap ya ramai, kalau bisa lebih ramai dari tahun-tahun kemarin,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya