[ X ] CLOSE

Pedagang Pasar Gede dan Klewer Solo Divaksin Covid-19 Akhir Februari 2021

Pedagang di Pasar Klewer dan Pasar Gede Solo disasar vaksinasi Covid-19 pada akhir Februari 2021.
Pedagang Pasar Gede dan Klewer Solo Divaksin Covid-19 Akhir Februari 2021
SOLOPOS.COM - Aktivitas di Pasar Klewer Solo sepi, Minggu (22/3/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – Sebanyak 2.228 pedagang pasar di Kota Solo menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 tahap ke-2 pada akhir bulan ini. Dua ribuan pedagang itu terdiri dari 1.661 pedagang di Pasar Klewer dan 567 pedagang di Pasar Gede.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Heru Sunardi mengatakan kedua pasar tersebut dianggap memiliki pedagang dan pengunjung paling besar dibandingkan pasar-pasar lain di Solo. Namun, pihaknya tetap mendata seluruh pedagang di 44 pasar tradisional lain.

“Kami mendata seluruhnya, namun Pasar Gede dan Pasar Klewer didahulukan. Apakah nanti pedagang di pasar lain menyusul? Kami belum tahu, yang jelas tugas kami mendata seluruh pedagangnya,” kata dia, dihubungi Solopos.com, Senin (22/2/2022) pagi.

Baca juga: Dicap Pelakor, Nissa Sabyan Santai

Heru mengatakan 44 pasar tradisional itu sedikitnya memiliki 16.000-an pedagang berdasarkan jumlah kios dan los terdaftar. Kendati begitu, tak sedikit seorang pedagang memiliki lebih dari satu kios dan los. Jumlah itu, belum termasuk karyawan mereka.

Lurah pasar pun mendatangi kios maupun los pedagang untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Pedagang bisa mendaftarkan karyawannya yang lebih banyak beraktivitas di pasar itu.

Dari 44 pasar di Solo, tersisa enam pasar yang sampai saat ini belum mengumpulkan data untuk vaksinasi Covid-19. Pihaknya sudah menginstruksikan lurah untuk lebih detail dan teliti dalam pendataan agar vaksin tepat sasaran.

Baca juga: Siap-Siap! Pedagang Pasar di Solo Segera Divaksin Covid-19

Dijumpai terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan pelaksanaan vaksinasi tahap kedua bukan hanya menyasar pedagang pasar, tapi juga tenaga kesehatan (nakes) yang belum rampung di tahap pertama. Berikutnya, TNI/Polri, sebagian lansia, dan pelayanan publik, seperti aparatur sipil negara (ASN) di kantor kelurahan/kecamatan, media, dan sebagainya.

Adapun dosis vaksin yang diterima Dinkes Solo pada Minggu (21/2/2021) sebanyak 70.000 dosis yang hanya bisa digunakan maksimal 90% atau 63.000 yang dibagi dua dosis. Sehingga, sasaran pada tahap kedua kali ini hanya untuk 31.500 orang.

“Kami merampungkan 5.877 nakes yang belum selesai, termasuk nakes dengan komorbid dan nakes lansia. Kemudian TNI/Polri sekitar 2.000an, pedagang pasar 3.000an, pelayan publik kelurahan/kecamatan hampir 2.000an, kemudian sebagian lansia. Semua pasti dapat vaksin, tapi saat ini ketersediaan terbatas sehingga bertahap. Kami mohon bersabar dulu. Kami harus tertib akuntabilitas,” ucapnya.

Baca juga: Mantul! Tepung Porang Wonogiri Pernah Tembus Pasar Ekspor



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago