SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Pasar Gede, Sabtu (27/2/2021). (Solopos-Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memulai vaksinasi Covid-19 untuk para pedagang di pasar tradisional pada Sabtu (27/2/2021), yakni di Pasar Klewer dan Pasar Gede.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dan Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi pedagang di kedua pasar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Heru Sunardi, mengatakan pihaknya koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota (DKK) terkait vaksinasi Covid-19 untuk pedagang pasar tradisional. Sebagai awalan, pelaksanaan vaksin dilakukan di Pasar Gede dan Pasar Klewer.

Baca juga: Hari Pertama Jadi Wali Kota Solo, Gibran Keliling Pasar Hingga Simpang Joglo

Ekspedisi Mudik 2024

“Vaksinasi di Pasar Gede dilakukan dua hari, tapi di Pasar Klewer sampai Jumat [5/3/2021] karena jumlah pedagang lebih banyak. Kalau ada syarat kurang, misal NIK belum ada dan sebagainya nanti kita sisir dan diikutkan di kemudian hari,” ujar dia, kepada wartawan di sela vaksinasi, Sabtu.

Heru menambahkan setelah Pasar Gede dan Pasar Klewer, vaksinasi berlanjut di Pasar Harjodaksino dan Pasar Depok pada Senin (1/3/2021). Pihaknya tidak bisa menargetkan kapan semua pedagang di pasar tradisional terkaver vaksin.

“Sampai saat ini tidak ditemukan pedagang yang tidak mau [vaksin]. Banyak pedagang yang belum dapat undangan karena memang pelaksanaan vaksinasi tidak hanya sehari. Misalnya di Pasar Klewer hingga Jumat pekan depan. Ini untuk membatasi kerumunan dan kemampuan tenaga medis atau vaksinator,” imbuh dia.

Baca juga: Ternyata Ini Aktivitas Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Sebelum Ditangkap KPK

Adapun jumlah pedagang Pasar Gede yang divaksin sebanyak 600-an. Sedangkan pedagang di Pasar Klewer yang divaksin sebanyak 3.800 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih, menambahan vaksinasi Covid-19 kepada pedagang di Pasar Gede diselesaikan dalam dua hari (Sabtu - Minggu, 27–28/2/2021) oleh 3 tim vaksinator.

Pendataan Pedagang

Menurutnya, pendataan pedagang dari Dinas Perdagangan, sementara pelaksanaan vaksin dari DKK. Mereka yang divaksin berdasarkan NIK. Setelah ini pasar yang lain, yakni Pasar Harjodaksino 400-an orang dan Pasar Depok 800-an.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menjelaskan pada Sabtu - Minggu Pemkot menyelesaikan vaksinasi di Pasar Gede, sementara di Pasar Klewer sampai Jumat pekan depan lantaran pedagang mencapai ribuan. Setelah itu, vaksinasi dilanjutkan di Pasar Depok dan Pasar Harjodaksino.

“Kami ngebut. Begitu pula nanti untuk guru. Langsung cepat di Solo ini. Paling penting pedagang antusias [vaksin], kompak divaksin. Saya lihat pedagang yang sudah divaksin tidak ada keluhan, paling cuma kemeng. Protokol kesehatan tetap dilakukan. Insya Allah Solo aman, ini berkegiatan biasa seperti sebelum dilantik, memastikan vaksinasi lancar,” papar dia.

Baca juga: Puluhan Wartawan Disuntik Vaksin Covid-19 di RSIA Aisyiyah Klaten

Sementara itu, salah satu pedagang di Pasar Klewer, Sri Hartini, mengatakan siap divaksin dan tak takut dengan jarum suntik.

“Yang penting sehat, mbak. Kalau degdegan tidak, takut juga enggak. Bismillah sehat,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya