Pecel Tawangmangu, Kuliner Sehat Kombinasi 11 Sayuran Segar yang Lezat

Kuliner pecel khas Tawangmangu, Karanganyar ini selain lezat juga bergizi tinggi berisi kombinasi 11 sayuran segar berpadu dengan sambal kacang yang nikmat.
Pecel Tawangmangu, Kuliner Sehat Kombinasi 11 Sayuran Segar yang Lezat

Solopos.com, KARANGANYAR — Saat berkunjung ke lereng Gunung Lawu, jangan lewatkan untuk mencoba kuliner khas yakni pecel Tawangmangu. Pecel ini selalu menjadi buruan pencinta kuliner lokal maupun luar daerah yang berlibur di Tawangmangu.

Pedagang pecel ini berjualan ini pinggir jalan menggunakan tenda. Lokasinya di jalan Kalisoro, Tawangmangu, atau di atas objek wisata The New Balekambang. Kuliner sehat ini selalu habis diserbu pencinta kuliner desa ini. Uniknya, pecel tawangmangu ini hanya dijual saat hari libur dan buka sejak pagi.

Baca Juga: Gurihnya Camilan Kepelan Khas Pedan Klaten yang Gurih dan Nagih

Kuliner khas Tawangmangu ini berisi sayuran yakni selada air, bunga turi, tauge, kenikir, daun singkong, daun pepaya, kubis, bayam, kangkung, petai cina, kemangi, dan timun. Anda bisa melihat wujud asli pecel khas yang menggugah selera ini di video channel Babahe Kamus Kuliner Dan Jalan Jalan berjudul Kuliner Murah di Solo | Ramai Sekali, Sudah 40 Tahun, Hanya Buka di Hari Libur | Pecel Tawangmangu, Rabu (9/6/2021).

Pecel tawangmangu.
Pecel tawangmangu dengan 11 macam sayuran. (Youtube/
BABAHE Kamus Kuliner Dan Jalan Jalan)

Kuliner pecel dengan isi kombinasi 11 sayuran ini harganya cukup murah, yakni dibanderol Rp5.000 per porsi. Cara penyajiannya juga unik dan tradisional, yakni menggunakan daun pisang dan kertas minyak yang dipincuk.

Anda bisa menambahkan gorengan yang digunting-gunting dan telur untuk menambah kelezatan  pecel ini. Tak lupa peyek kacang yang renyah ditambahkan sebagai pelengkap pecel tawangmangu. Sambal kacangnya yang super endul memiliki dua varian, yaitu pedas dan biasa. Pembeli bisa memesan sesuai selera baik sayuran maupun sambalnya.

Baca Juga: Endul! Ada Mie Ayam Bakar Bumbu Rempah di Solo Baru Sukoharjo

Selain lezat dan segar, kuliner yang berisi aneka dedaunan dan ditambahkan sambal kacang ini banyak mengandung gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Rasa dari bumbu kacangnya pas di lidah dan sayurannya pun segar, karena diperoleh dari perkebunan di Tawangmangu.

“Sambalnya pedesnya ge terlalu tapi manisnya oke, ada asinnya, bumbu kacangnya mantap banget dan sayurnya segar-segar,” kata pemilik Youtube Babahe Kamus Kuliner.

Netizen pun berkomentar tentang kelezatan pecel tawangmangu yang murah ini. “Pecel tawangmanggu, murah, meriah dan nikmat,” komentar pengguna Youtube, Naira Ramadhani Susanti.

Baca Juga: Dijamin Nagih! Nasi Gandul Khas Pati di Jebres Solo Ini Patut Dicoba

“Mantap pecel tawangmangunya, uueenak tenan, terimakasih info kulinernya,” tulis pengguna Youtube, dapur omsas.


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago