SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kapal Tenggelam (Antara)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Pencarian kapal nelayan yang hilang di kawasan Pantai Ngitun, Kalurahan Purwodadi, Tepus, Gunungkidul terus dilakukan tim SAR Gabungan, Kamis (5/5/2022).

Tim SAR melakukan pencarian tiga nelayan yang hilang di perairan tersebut dengan fokus pencarian ke arah barat menyisir hingga kawasan Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Sunu Handoko mengatakan, upaya pencarian kapal sekoci yang hilang kontak sejak Jumat (29/4/2022) yang membawa tiga nelayan terus dilakukan.

Menurut Sunu, sejak mendapatkan laporan pada Minggu (1/5/2022) upaya pencarian terus berlanjut. Hanya saja hingga hari ketiga proses pencarian ketiga nelayan belum mendatangkan hasil.

Saat pencarian Tim SAR menemukan petunjuk terkait dengan kecelakaan ini yakni dengan ditemukannya serpihan kayu yang diduga sebagai bagian dari kapal sekoci yang hilang.

“Masih terus dicari dan mudah-mudahan segera membuahkan hasil,” kata Sunu kepada wartawan, Kamis (5/5/2022).

Baca juga: Kapal Nelayan Hilang di Perairan Gunungkidul Pencarian Terus Dilakukan

Dia menjelaskan, pencarian di hari keempat akan difokuskan ke arah barat yang disesuaikan dengan kondisi arus. Rencananya penyisiran dilakukan dari lokasi temuan serpihan kapal hingga ke Pantai Parangtritis.

Untuk penyisiran tidak hanya melibatkan gabungan personel SAR, Basarnas, Polsek Tepus dan Girisubo, SAR MTA, SAR FKAM, melainkan juga ada partisipasi dari nelayan lokal.

Total ada tiga kapal sekoci, empat perahu jukung dan tiga unit jetksi. “Kami terus memantau dan kabar terbaru penyisiran di Pantai Siung sudah melaporkan, tapi hasilnya masih nihil,” katanya.

Selain proses mencari melalui jalur laut, juga mengupayakan pencarian via darat dengan menyisir di kawasan perbukitan yang berbatasan dengan laut.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD DIY Somasi 2 Akun Medsos Gegara Ini

“Segala upaya kami lakukan untuk mencari keberadaan para nelayan yang dinyatakan hilang,” katanya.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Marjono mengatakan, ikut membantu pencarian ketiga nelayan yang dilaporkan hilang. Meski demikian, tim juga dibagi untuk pengamanan libur lebaran.

“Kami ikut terjun mencari, tapi memang belum membuahkan hasil sesuai dengan yang diharapkan,” katanya.

Berita ini telah dimuat di Harianjogja.com dengan judul: 3 Nelayan Hilang di Gunungkidul, Penyisiran Fokus ke Arah Barat Sampai Parangtritis

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya