SOLOPOS.COM - Ilustrasi dokter cek rontgen pasien virus corona atau covid-19 (Freepik)

Solopos.com, BANTUL -- Seorang pasien dalam pengawasan atau PDP Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul, meninggal dunia usai melahirkan, Senin (4/5/2020) dini hari. Perempuan berusia 36 tahun itu berasal dari Kecamatan Kasihan, Bantul.

Kepala Bagian Humas RSUD Panembahan Senopati Bantul, Siti Rahayuningsih, membenarkan informasi tersebut. Ia mengatakan pasien tersebut sudah lebih dari satu pekan di rawat ruang isolasi rumah sakit pelat merah tersebut karena mengalami gejala yang mengarah Covid-19.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jokowi Prediksi Covid-19 Selesai Juni, Ganjar: Mungkin Malah Puncak!

PDP Bantul yang sedang hamil itu kemudian melahirkan pada Rabu (29/4/2020) malam lalu, lalu meninggal dunia lima hari kemudian, “Meninggalnya di ruang isolasi bertekanan negatif,” kata Siti, saat dihubungi Harian Jogja, Senin.

Jenazah pasien sudah dimakamkan dengan standar pemakaman pasien Covid-19. Sementara untuk bayinya masih dalam perawatan. “Bayinya posisi PDP di ruang PICU [ruang gawat darurat khusus anak],” kata Siti.

Ganjar Pranowo Usul Gaji ASN Dipotong 50%, PNS: Kami Makan Apa?

Sebelum melahirkan dan meninggal dunia, PDP Bantul itu juga diketahui memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah. Sayangnya, tak banyak informasi yang diungkapkan oleh pihak rumah sakit terkait latar belakang perjalanan pasien itu. Padahal ini penting bagi siapapun untuk mengetahuinya.

Siti enggan menyebut daerah mana yang pernah dikunjungi oleh PDP tersebut. Selain karena dugaan infeksi Covid-19, pasien itu juga memiliki sejumlah penyakit penyerta.

Usul Gaji ASN Dipotong 50%, Ganjar Khawatir Covid-19 Belum Selesai Juni

Penyakit Penyerta

Sayangnya, lagi-lagi Siti enggan mengungkapkan apa saja penyakit penyerta pasien itu. “Banyak,” tukas Siti.

Berdasarkan informasi, PDP yang melahirkan dan meninggal dunia tersebut merupakan warga Kecamatan Kasihan, Bantul, sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP). Namun selama ini tinggal di wilayah Kecamatan Pajangan, Bantul.

Jumlah Kunjungan Wisman Anjlok, Apa Kabar Dana Rp72 M untuk Influencer?

Total pasien PDP yang masih dirawat di RSUD Panembahan Senopati Bantul saat ini ada delapan orang dan pasien positif terinfeksi Covid-19 sebanyak tiga orang. Sementara total pasien positif se-Bantul sebanyak 30 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 11 orang sembuh dan dua orang meninggal dunia.

Sisanya 17 pasien positif masih dalam perawatan di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19. Di antaranya RSUD Panembahan Senopati tiga orang dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAU) Harjolukito dua orang. Sementara itu di RS Bethesda satu orang, Jogja International Hospital (JIH) satu orang, dan Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 (RSLKC) Bantul 10 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya