SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Perolehan kursi hasil penghitungan suara pemilihan umum untuk calon anggota legislator Jawa Tengah dari dokumen DB 1 tersebar di jaringan sosial dan aplikasi perpesanan. Jumlah perolehan kursi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan diprediksi mendominasi 42 kursi dari 120 kursi DPRD Jawa Tengah.

Sekretaris DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Kusriyanto saat dikonfirmasi Kantor Berita Antara melalui saluran telepon dari Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (10/5/2019), mengonfirmasi itu. Diakuinya, berdasarkan penghitungan perolehan suara secara internal dari dokumen DB 1, perolehan suara partainya melampaui target dari yang telah ditentukan sebelumnya.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

“Target kami meraih 36 kursi di Jateng, sehingga peraihan 42 kursi dari total 120 kursi di DPRD Jateng ini melampaui target berdasarkan prediksi dari rekapitulasi penghitungan suara, untuk hasil resminya masih menunggu KPU,” kata Sekretaris PDIP Jateng yang akrab disapa Bambang Krebo itu.

Menurut dia, kursi terbanyak yakni masing-masing lima kursi disumbangkan dari Daerah Pemilihan Jateng VI yang meliputi Kabupaten Sragen, Karanganyar, Wonogiri, dan Dapil Jateng VII yakni Kota Solo, Klaten, serta Sukoharjo. Dari jumlah kursi yang diraih PDIP di DPRD Jateng tersebut, 22 kursi merupakan petahana, sedangkan 20 kursi adalah wajah baru.

Tabel prakiraan angota DPRD Jateng. (Istimewa)Tabel prakiraan angota DPRD Jateng. (Semarangpos.com-Istimewa)

Petahana yang diprediksi kembali terpilih pada Pemilu 2019, antara lain Alwin Basri, Asfirla Harisanto, Dyah Kartika Permanasari, Ahmad Ridwan, Maria Tri Mangesti, dan Peni Dyah Perwitosari. Adapun sejumlah wajah baru yang terpilih di antaranya Bambang Kusriyanto, Baginda Muhammad Mahfuz, Eko Susilo, Saiful Hadi, Juli Krisdianto, serta dan Pujo Widiono.

Terkait dengan jumlah perolehan kursi di DPRD Jateng, Partai Kebangkitan Bangsa menduduki posisi kedua dengan peraihan 20 kursi. Partai Gerindra menduduki posisi ketiga dengan 13 kursi, kemudian disusul Partai Golkar 12 kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 10 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sembilan kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) enam kursi, Partai Demokrat lima kursi, serta Partai Nasdem tiga kursi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya