SOLOPOS.COM - Ilustrasi lowongan pekerjaan

Solopos.com, SRAGEN — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirto Negoro Sragen membuka lowongan kerja atau loker untuk posisi direktur utama lantaran jabatan tersebut kosong sejak 14 Agustus 2021 lalu lantaran Dirut PDAM Sragen Supardi pensiun.

Pengumuman lowongan dirut tersebut dibuka pada Senin (23/8/2021) dan ditutup pada Minggu (5/9/2021) mendatang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pelaksana Tugas (Plt.) Dirut PDAM Sragen Aris Wahyudi saat dihubungi Solopos.com, Rabu (25/8/2021), menyampaikan lowongan itu diperuntukkan bagi masyarakat umum dan pegawai/pejabat di lingkungan PDAM Sragen. Dia mengatakan ada 17 persyaratan umum dan satu persyaratan khusus.

Baca juga: Selamat! Desa Sendang Wonogiri Masuk 10 Besar Ajang Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Nasional

Dia menerangkan persyaratan khusus itu pendaftar harus memiliki sertifikat kelulusan pelatihan manajemen air minum minimal tingkat muda. Kepemilikan sertifikat itu, kata dia, dibuktikan dengan sertifikat atau ijazah dari lembaga yang telah terakreditasi.

“Pegawai negeri sipil (PNS) boleh mendaftar tetapi minimal sudah menjabat pejabat eselon IV-a minimal dua tahun dan apabila terpilih maka PNS tersebut harus mengundurkan diri dari PNS. Selain itu pelamar tidak terkait hubungan keluarga dengan Bupati/Wakil Bupati, dewan pengawas, atau direksi lainnya dengan derajat ketiga menurut garis lurus atau ke samping termasuk menantu dan ipar,” jelas Aris.

Baca juga: Pelanggar Prokes di Sukoharjo Didominasi PKL dan Rumah Makan

Persyaratan lainnya, ujar dia, tidak sendang menjadi pengurus partai politik (parpol), tidak pernah dihukum pidana yang merugikan keuangan negara atau daerah, berpengalaman lima tahun, berumur 35-55 tahun, berpendidikan terakhir S-1, dan seterusnya. Dia melanjutkan lamaran dikirimkan kepada ketua panitia seleksi dalam hal ini Sekretaris Daerah (Sekda) Tatag Prabawanto dan dilampiri sejumlah berkas yang tertera dalam pengumuman.

Aris menyebut ada tujuh tahapan seleksi, yakni pendaftaran, seleksi adminidtrasi, pengumuman tahap I, uji kelayakan dan kepatutan (UKK), pengumuman tahap II, tes kesehatan, wawancara akhir oleh pemegang saham. Dia menerangka UKK itu terdiri atas penulisan makalah rencana bisnis, tes tertulis keahlian, psikotes, presentasi makalah rencana bisnis dan wawancara panitia seleksi.

“Seleksi dirut ini tidak dipungut biaya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya