top ear
Tutup Iklan
PDAM Solo Gelar Salat Minta Hujan Siang Ini
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi salat. (Freepik)

PDAM Solo Gelar Salat Minta Hujan Siang Ini

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Toya Wening Solo bakal menggelar salat Istisqa Kamis (12/9/2019) siang. Salat untuk meminta hujan itu dilaksanakan seusai Salat Zuhur di halaman kantor pusat PDAM setempat di Jl. Adisucipto, Kelurahan Karangasem, Kecamatan Laweyan, Solo.
Diterbitkan Kamis, 12/09/2019 - 11:35 WIB
oleh Solopos.com/Mariyana Ricky,
2 mnt baca -

Solopos.com, SOLO — Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Toya Wening Solo bakal menggelar salat Istisqa Kamis (12/9/2019) siang. Salat untuk meminta hujan itu dilaksanakan seusai Salat Zuhur di halaman kantor pusat PDAM setempat di Jl. Adisucipto, Kelurahan Karangasem, Kecamatan Laweyan, Solo.

Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Toya Wening, Tri Atmaja Sukomulyo, mengatakan hujan diharapkan mengatasi krisis air bersih yang terjadi beberapa bulan terakhir.

“Kali terakhir hujan kalau tidak salah saat Ramadan tahun ini. Itupun sebentar dan hanya sehari. Kami berharap setelah salat Istisqa, hujan bisa segera turun,” kata dia, kepada solopos.com, Rabu (11/9/2019).

jeda.id

Tri Atmaja mengatakan ibadah tersebut merupakan salah satu upaya mengatasi ancaman kekeringan. Beberapa pegawai PDAM juga telah menjalankan ibadah puasa sejak tiga hari lalu.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Perumda Toya Wening, Bayu Tunggul, mengatakan salat Istisqa digelar untuk meminta agar Allah menurunkan hujan di wilayah yang mengalami kemarau panjang.

Sesuai ajaran Islam, aalat dilakukan dua rekaat dan diakhiri dengan doa yang secara khusus ditujukan untuk meminta hujan.

Perumda Toya Wening sebagai penyedia layanan air bersih di Kota Solo sejak awal bulan lalu sudah merasakan dampak kemarau panjang. Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semanggi dua kali berhenti beroperasi air baku pekat tercemar limbah industri etanol dari Sukoharjo.

Di luar musim kemarau, limbah tersebut biasanya larut karena debit air Sungai Bengawan Solo yang besar. “Salat dipimpin oleh K.H. Ahmad Alim Nurwahid,” kata dia. 

Editor : Rohmah Ermawati ,
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
Kata Kunci :

berita terkini