[ X ] CLOSE

PD Muhammadiyah Grobogan Sarankan Daging Kurban Diantar ke Penerima

Hindari kerumunan selama pandemi, PD Muhammadiyah Kabupaten Grobogan menyarankan hewan kurban diantarkan panitia ke rumah para penerima.
PD Muhammadiyah Grobogan Sarankan Daging Kurban Diantar ke Penerima

Solopos.com, PURWODADI – Hindari kerumunan selama pandemi Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Grobogan sarankan hewan kurban diantarkan panitia ke rumah para penerima.

Melalui video berdurasi sekitar dua menit, Ketua PD Muhammadiyah Grobogan, Jati Purnomo menyampaikan anjuran tersebut. Selain itu juga ada anjuran kepada warga Muhammadiyah yang hendak salat Iduladha.

Selain itu Jati Purnomo menyarankan agar penyembelihan hewan kurban diserahkan kepada pihak ketiga. Salah satunya Lazismu, sebagai bidang ketahanan pangan dan kebencanaan dari Muhammadiyah.

Baca juga: Salut! Pengusaha Restoran di Pekalongan Ini Suplai Makanan untuk Warga Isoman

Kendati demikian, Ketua PD Muhammadiyah Grobogan tetap memperbolehkan masjid dan musala menyelenggarakan penyembelihan kurban. Hanya saja, ia berpesan agar jumlah panitia dibatasi dan pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Hindari kerumunan, untuk itu sebaiknya daging kurban diantarkan langsung ke rumah-rumah penerimanya. Ini sebagai ihtiar, insyaAllah, Allah akan mengangkat pandemi Covid-19. Semoga pula segala ihtiar kita menjadi amal ibadah,” imbuhnya.

Baca juga: Berjemur Dekat Rel, 2 Lansia di Gabus Meninggal Terserempet KA Barang

Sedangkan imbauan PD Muhammadiyah Grobogan agar warga salat Iduladha di rumah menurut Jati Purnomo mengacu pada Surat Edaran (SE) dari PP Muhammadiyah. Surat edaran Nomor 05/EDR/I.0/E/2021 tentang Imbauan Perhatian, Kewaspadaan, dan Penanganan Covid-19, Serta Persiapan Menghadapi Iduladha 1442 H/2021 M

Lebih lanjut dalam video tersebut, Ketua PD Muhammadiyah Grobogan, juga mengajak masyarakat tetap menyerukan takbir dan tahmid pada Hari Raya Iduladha. Bahkan hingga hari tasyrik di masjid atau musala secara terbatas.

“Sedangkan untuk salat Iduladha, untuk menjauhi hal-hal yang tidak diinginkan maka dilakukan di rumah saja bersama keluarga. Dengan imam dan khatib dipimpin oleh kepala rumah tangga atau anggota keluarga yang ada,” kata Jati Purnomo dalam video singkat itu, Senin (19/7/2021).

 

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago