SOLOPOS.COM - Sajian menu di Pawon Jinawi dengan panorama Embung Tambakboyo (Instagram/@wonderfuljogja)

Solopos.com, SLEMAN— Embung Tambakboyo merupakan daerah konservasi air yang terletak di Dusun Tambakboyo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Embung atau waduk ini menanfaatkan sumber air dari sungai Tambak Bayan dan Sungai Buntung dengan luas 7,8 ha.

Waduk ini dibangun sejak tahun 2003 hingga 2008 dan diresmikan pada tahun 2009. Selain berfungsi sebagai daerah konservasi air, waduk ini juga menjadi area wisata dengan runag terbuka yang hijau, bahkan sebagai tempat memancing. Beberapa jenis ikan yang terdapat di waduk in antara lain wader, kotes, nila dan sepat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Karena potensi wisata air ini sangat tinggi, sebuah tempat kuliner yang dibuka di dekat area embung ini dengan menyuguhkan panorama embong, khususnya saat matahari terbenam atau sunset. Mengutip laman Instagram @wonderfuljogja, Senin (2/8/2021), warung bernama Pawon Jinawi ini sangat luas dan nyaman dengan pemandangan langsung menghadap ke Embung Tambakboyo.

Suasana santap sore di Pawon Jinawi
Suasana santap sore di Pawon Jinawi (Instagram/@wonderfuljogja)

Baca Juga: Dawet Kani Kudus Disajikan Ala Minuman Milenial di Sleman

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, karena letaknya berada tepat di pemandangan embung maka pengunjung bisa menikmati sajian di Pawon Jinawi sambil menikmati pemandangan sunset yang memukau. Pawon Jinawi ini menyuguhkan menu yang lengkap, yaitu buffet dengan aneka makanan khas Jawa rumahan, camilan dan aneka minuman.

Menu makanannya seperti oseng-oseng kacang panjang, sayur nangka, ikan bakar ikan goreng, ayam goreng, telor dadar, dan masih banyak lagi, Sedangkan untuk camilan ada tempe mendoan yang digoreng tepung, bakwan, risol dan masih banyak lagi macamnya. Sama halnya dengan minuman yang juga beraneka ragam.

Seperti yang diketahui, Yogyakarta secara keseluruhan adalah rumah bagi para mahasiswa dari seluruh Indonesia bahkan juga dari luar negeri. Hal ini membuat harga-harga di Yogyakarta, khususnya harga makanan cenderung ramah bagi para mahasiswa karena terjangkau.

Baca Juga : Mimpi Bertemu Pocong Masih Dipercaya Datangkan Rezeki

Seperti harga yang ada di Pondok Jinawi ini yang berkisar dari harga Rp2.000 hingga Rp10.000. Dengan kisaran harga tersebut ditambah suasana tempat makan yang didesain sedemikian rupa, sudah cukup memuaskan tentunya bagi pengunjung yang akan menyantap hidangan khas rumahan di Pawon Jinawi. Desain tempat ini sangat khas tradisional Jawa dengan kursi serta menja yang kerap ada di rumah-rumah klasik Jawa.

Selain itu, pengunjung yang ingin makan sambil menikmati pemandangan bisa duduk di bangku luar rumah makan namun disarankan  untuk duduk di area outdoor saat sore hari karena bangku outdoor tidak ada peneduh. Apalagi duduk di luar ditujukan untuk para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan sunset yang memukau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya