SOLOPOS.COM - Kardinal Peter Tuckson

Kardinal Peter Tuckson

ROMA  —  Menyusul pengunduran diri Paus Benediktus XVI pada 28 Februari lalu, pemilihan pemimpin umat Katolik sedunia yang baru akan segera digelar. Kota Roma sebagai kota terdekat dari Vatikan, tempat paus bertugas, telah dihiasi sejumlah poster yang berisi kampanya untuk mendukung kardinal asal Ghana Peter Turkson.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Sejumlah poster terpampang di sejumlah bagian kota Roma jelang proses pemilihan paus yang baru.

Menurut sejumlah sumber, peluang terbuka lebar bagi Kardinal Turkson untuk menggantikan Benediktus XVI. Dunia dikejutkan dengan warta bahwa Benediktus XVI mengundurkan diri. Peristiwa pengunduran diri seorang Paus yang terakhir kali terjadi 600 tahun lalu.

Upaya berkampanye di tengah masyarakat bagi terpilihnya Paus yang baru sangat tidak dibolehkan oleh tata cara konklaf (proses pemilhan paus yang baru). Konklaf yang akan dihadiri ratusan kardinal dari seluruh dunia besar kemungkinan akan digelar pada pekan depan.

Sejumlah spekulasi beredar mengenai sosok yang kelak akan memimpin umat Katolik sedunia, antara lain dari Afrika dan Latin Amerika. Dalam kedua wilayah itu, gereja Katolik berkembang pesat.

Ratusan kardinal dari seluruh dunia kini telah berkumpul di Roma untuk mengikuti proses konklaf. Sebanyak 115 kardinal – seluruhnya berusia di bawah 80 tahun- akan masuk kapel Sistina untuk memulai konklaf.

Vatikan berharap bahwa paus yang baru akan terpilih pada 24 Maret. Umat Katolik akan merayakan Paskah pada 31 Maret. Selain memilih paus, para kardinal akan membicarakan sejumlah isu penting seputar masa depan gereja Katolik.

Kini sejumlah nama telah beredar sebagai kandidat kuat menjadi paus, yakni Kardinal Marc Quellet (Kanada), Kardinal Angelo Scola (Italia), Kardinal Christoph Schoenborn (Austria), Kardinal Leonardo Sandri (Argentina).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya