Patut Ditunggu, Gibran Sebut Amazon Web Services Segera Masuk Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut Amazon Web Services yang merupakan unit usaha perusahaan raksasa dunia Amazon bakal masuk Solo.
SHARE
Patut Ditunggu, Gibran Sebut Amazon Web Services Segera Masuk Solo
SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Youtube Espos Indonesia)

Solopos.com, SOLO — Setelah sejumlah brand besar seperti Shopee, Tokopedia, dan Buka Lapak, berhasil didatangkan, kini giliran Amazon Web Services (AWS), salah satu unit usaha perusahaan raksasa Internet dunia Amazon, yang disebut bakal masuk ke Kota Solo.

AWS merupakan layanan berbasis Cloud Computing yang disediakan Amazon sejak 2002 dan disebut sebagai platform cloud paling komprehensif serta digunakan secara luas di seluruh dunia. Layanan meliputi lebih dari 200 jenis layanan unggulan, termasuk layanan penyimpanan, database, dan jaringan.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Informasi mengenai akan masuknya AWS ke Kota Solo diungkapkan Wali Kota Solo Gibran Rakbuming Raka saat wawancara eksklusif bersama Presiden Direktur Solopos Media Group (SMG), Arif Budisusilo, di Museum Batik Keris Solo, Senin (17/1/2022).

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Baca Juga: Gibran Ingin Sentra IKM Pasar Mebel Gilingan Solo Dibikin Seperti IKEA

Gibran tidak mengungkap secara mendetail kapan layanan Amazon Web Services akan mulai hadir di Solo. Sedangkan mengenai lokasi, ada kemungkinan akan ditawarkan Solo Technopark (STP) di mana Shopee dan beberapa brand besar lain telah lebih dulu membuka kantor.

Gibran mengungkapkan informasi akan masuknya AWS ke Solo saat membahas topik tentang revitalisasi dan rekonsepsi STP dengan hadirnya sejumlah brand besar yang masuk Solo. Putra sulung Presiden Jokowi itu mengaku memang sengaja menarik brand-brand besar agar masuk Solo karena menyadari impact-nya yang sangat besar untuk Kota Solo.

Baca Juga: Shopee Buka Kantor di Solo, Cek Cara Daftar Kerja di Shopee

Solo Technopark

“Mohon maaf beberapa tahun terakhir STP ini kan semi-semi mangkrak, kan kemarin-kemarin cuma dijadikan tempat karantina. Padahal ini aset Solo yang besar sekali. Kemarin langsung saya minta kalau PPKM sudah selesai, dibersihkan biar brand-brand ini bisa masuk semua,” ujar Gibran.

Benar saja, setelah STP siap, Shopee langsung masuk dan membuka kantor di STP sekaligus membuka hingga 2.000 lapangan kerja. Padahal saat itu, masih di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Hetero Space Solo Diresmikan, Gibran: Awas Kalau Tidak Dimanfaatkan!

“Jadi itu di STP memang khusus UMKM dan gaming. Bahkan kompetitor-kompetitor Shopee semua berbondong-bondong ke sini, Tokopedia, Gojek, Buka Lapak, semua di STP. STP memang akan kami jadikan salah satu hub untuk anak-anak muda,” jelasnya.

Selain itu, Gibran menyebut ada SKK Migas, Petrotekno, yang bakal masuk. “Ini mau masuk juga AWS atau Amazon Web Services,” kata Wali Kota Solo tersebut.

Baca Juga: Eksklusif! Gibran Buka-Bukaan, Siap Jadi Sales demi Kota Solo

Ada pula sekolah Cyber Security Hub bekerja sama dengan UNS Solo dibuka di STP. “Jadi ini kan pekerjaan yang dicari ini, ada juga pelatihan-pelatihan lain seperti underwater welding, ini juga dicari. Jadi apa ya, kita ingin Solo ini, terutama STP, benar-benar dijadikan untuk pelatihan atau upskilling,” terangnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago