SOLOPOS.COM - Ilustrasi kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan (Twitter)

Desa Sadar Jaminan Sosial merupakan program yang sedang digalakkan BPJS Ketenagakerjaan DIY

Harianjogja.com, KULONPROGO-Program Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan diterapkan di Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo. Masyarakat setempat diharapkan bisa mengenal lebih dekat dan mengoptimalkan layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris Desa Banjararum Sunaryo mengatakan, Desa Sadar Jaminan Sosial merupakan program yang sedang digalakkan BPJS Ketenagakerjaan DIY. Selain Banjararum, program itu juga diketahui sudah dicanangkan di Desa Condongcatur, Sleman; Mangunan, Bantul, dan Desa Bejiharjo, Gunungkidul.

“Harapannya dapat menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat pekerja di desa kami,” ujar Sunaryo, Sabtu (11/11/2017).

Sunaryo mengungkapkan, banyak warga Banjararum yang belum mengakses layanan BPJS Ketenakerjaan. Sebagian besar bisa jadi malah belum tahu jika ada program jaminan sosial yang bisa memberikan perlindungan kepada mereka sebagai pekerja, yaitu dalam bentuk jaminan hari tua, jamian kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan pensiun.

Sunaryo lalu menyatakan senang dengan dijadikannya Banjararum sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial. “Progam ini tidak ada memberikan jaminan perlindungan bagi masyarakat pekerja di desa kami. Perangkat desa ini juga sudah terdaftar pada empat program BPJS Ketenagakerjaan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya