SOLOPOS.COM - Polisi di Poorogo tengah memanen sayur hidroponik. (detik.com)

Solopos.com, PONOROGO — Aksi simpatik ditunjukkan para Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Nologaten, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo. Mereka menanam sayur dengan metode hidroponik dan hasil panennya mereka bagikan kepada warga yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman).

Kegiatan penanaman sayur hidroponik ini mereka sebut inobasi ketahanan dapur. “Ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, saat pandemi bisa jadi alternatif hiburan. Bertanam di lahan terbatas,” tutur anggota Bhabinkantibmas Aipda Agestya Widiatmoko kepada wartawan, Jumat (9/7/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Agestya mengatakan dengan bertanam hidroponik bisa mencukupi kebutuhan pangan secara mandiri. Tanaman yang ditanam secara hiroponik adalah sayur bayam, pakcoy, sawi, serta ternak ikan lele yang bisa dijadikan lauk. “Memanfaatkan ember atau media kolam terpal bisa menanam sayur secara hidroponik,” terang Ages.

Menurut Ages, untuk media tanam pun hasil dari swadaya masyarakat. Mulai dari botol bekas hingga tripleks dan terpal hasil iuran warga. “Ini bahan membuat hidroponik ada sumbangan dari warga, seperti botol bekas, tripleks hasil sumbangan warga yang mendukung kegiatan ini,” tandas Ages.

Makanya, lanjut Ages, hasil panen pertama baik sayur dan ikan lele diberikan kepada warga yang membutuhkan. Terutama saat ini untuk warga yang melaksanakan isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19.

“Kita berikan ke warga yang isoman, di Nologaten ada 4 rumah yang sedang isoman, kemarin kami beri sayur dan ikan lele 8 kilogram,” imbuh Ages.

Anggota Babinsa, Sertu Vandik Tristiantoro, mengimbau masyarakat agar patuh 5M di angka Covid-19 yang meninggi. “Imbauannya agar masyarakat mematuhi 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan,” pungkas Vandik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya