SOLOPOS.COM - MIe Ongklok di Masterchef Musim 8 (Youtube Masterchef Indonesia)

Solopos.com, WONOSOBO — Kawasan Dieng Wonosobo memiliki banyak makanan khas yang diminati pengunjung. Selain cocok dimakan saat berkunjung di Dieng, deretan makanan enak itu juga cocok dijadikan oleh-oleh.

Sebagaimana diketahui, Pegunungan Dieng secara geografis berada di antara kompleks Puncak Rogojembangan di sebelah barat dan pasangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di sisi timurnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Secara administrasi, Dataran Tinggi Dieng berada dalam wilayah Kecamatan Batur dan sebagian Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara; Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo; dan bagian selatan dari Desa Pranten, Bawang, Kabupaten Batang.

Berikut ini makanan khas di kawasan Dieng Wonosobo:

1. Mi Ongklok

Makanan yang satu ini memang sesuai dengan kondisi pegunungan Dieng yang dingin. Mi ongklok yang berbahan utama dari mi ini sangat cocok dipadukan dengan sate sapi, kambing, atau ayam. Jenis makanan ini begitu populer di kawasan Dieng.

2. Keripik Jamur

Keripik jamur Dieng Wonosobo merupakan salah satu makanan khas yang biasa dijadikan oleh-oleh para pengunjung. Keripik jamur dieng dibuat dari jamur merang atau volvaliera volvacea yang ditanam di Dataran Tinggi Dieng. Keripik jamur ini memiliki rasa asin gurih dan berwarna coklat kehitaman.

3. Carica

Camilan ini memiliki rasa manis dan segar. Olahannya juga cukup mudah karena hampir sama dengan manisan biasa. Makanan ini berbahan utama pepaya Dieng yang diperkirakan hanya tumbuh di Dataran Tinggi Dieng.

Selain sebagai camilan dan oleh-oleh, carica juga memiliki manfaat di bidang kesehatan. Di antaranya dapat meningkatkan kesehatan mata dan mendukung kekebalan tubuh.

4. Buntil

Jenis makanan ini terbuat dari talas atau daun singkong sebagai pembungkus. Isian buntil berupa parutan kelapa dan bumbu pedas yang terbuat dari santan. Jenis camilan ini sangat cocok dipadu nasi putih hangat saat menyantapnya.

5. Kacang Dieng

Jenis makanan yang satu ini juga wajib dicoba saat berada di Dieng. Jenis makanan ini sangat praktis dibawa sehingga sering diburu para wisatawan. Kacang Dieng biasanya berbentuk lebih besar dibandingkan kacang pada umumnya.

Demikian tadi, sejumlah makanan khas di Dieng Wonosobo yang wajib dicoba. Di luar deretan makanan tersebut, tentu masih banyak jenis makanan lainnya yang menjadi ciri khas dari Dieng Wonosobo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya